HUT Polwan ke 68 Berlangsung Meriah, Polwan Diminta Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

HUT Polwan ke 68 Berlangsung Meriah, Polwan Diminta Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

531
0
BAGIKAN

Sumbawa Besar—Peringatan hari ulang tahun (HUT) Polwan ke 68 di jajaran Mapolres Sumbawa, Kamis (01/09/2016) berlangsung meriah. Para Polwan menyuguhkan atraksi berbagai jenis tarian yang masing-masing berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur, Sumbawa, tarian modern maupun kreasi mereka sendiri.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk syukuran tersebut dihadiri Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah dan Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri, maupun para tamu undangan dari unsur pimpinan perbankan di Kabupaten Sumbawa.

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad, S.IK., yang membacakan pidato Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, menyampaikan, acara ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai dari Mabes hingga Polres.

Sebagai pimpinan Polri, Kapolri menyampaikan dirgahayu Polwan ke 68 kepada seluruh personel Polwan di mana pun berada dan bertugas. Kapolri yakin dan percaya bahwa Polwan mampu menjadi Srikandi Bhayangkara yang tangguh dan mampu menjadikan harum nama besar Polri dalam setiap tugas dan pengabdian yang dibebankan kepadanya.

Dalam kegiatan itu ia mengingatkan supaya para Polwan menjadikan teladan kisah para Polwan yang pertama didirikan di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Sebagai landasan semangat dalam memberikan dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat.

“Perlu dipahami bahwa tugas dan tanggung jawab Polwan ke depan akan semakin berat dan komplek. Berbagai dinamika dan ancaman di setiap aspek kehidupan manusia sebagai implikasi dari perkembangan lingkungan strategis serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” terang Kapolres.

Yang mana sambung Kapolres, dalam penanganannya selalu akan selalu memerlukan kehadiran Polri. Khususnya tantangan tugas dalam pelayanan perlindungan perempuan dan anak merupakan keniscayaan eksistensi Polwan Republik Indonesia.

Bahkan saat ini semakin luas kiprahnya dalam tatanan tugas lainnya, seperti penyidik, negosiator, kontingen task keeper, maupun lainnya. Untuk itu dengan tema HUT Polwan tahun 2016 ini, dengan meningkatkan soliditas, profesional dan revolusi mental Polwan siap mengamankan kebijakan pemerintah.

“Saya berharap para Polwan dalam bertugas senantiasa meningkatkan kemampuannya,” kata Kapolres mengutip isi pidato Kapolri.

Disambungnya, arah kebijakan 11 program prioritas Kapolri agar dapat dilaksanakan dengan baik melalui peran serta aktif para Polwan di bidang tugasnya masing-masing. Sehingga ke depan para Polwan dapat turut serta dalam menyukseskan mimpi Polri dalam mewujudkan Polri yang semakin profesional, modern dan terpercaya.

Kesempatan HUT tersebut dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan kepada para Polwan sebagai pedoman, antara lain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa sebagai landasan dalam memaknai pilihan berdinas di Polri yang merupakan jalan untuk beribadah.

Kemudian Polwan diminta untuk memperkuat soliditas dan kemampuan diantara sesama Polwan. Pahami bahwa Polwan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Polri sebagai satu kesatuan.

Polwan ditegaskan agar menjaga nama baik, kesatuan dan institusi Polwan, hindari segala bentuk penyimpangan maupun pelanggaran yang akan merusak citra Polwan. Kembangkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki secara optimal sehingga memiliki karya nyata yang berkualitas, bermakna dan bermanfaat bagi hidup masyarakat, bangsa dan negara.

Polwan pun diminta untuk memanfaatkan segala peluang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat termasuk pemanfaatan media sosial secara cerdas, terukur dan bermartabat. Meningkatkan komunikasi dengan organisasi kewanitaan baik TNI maupun organisasi kewanitaan lainnya melalui berbagai kegiatan positif sebagai wahana pembelajaran, guna memajukan dan mengembangkan kiprah Polwan Indonesia.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun yang diberikan kepada perwakilan dua orang Polwan tertua dan termuda oleh Wakil Bupati Sumbawa, Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Sumbawa. (bs/01)

TINGGALKAN KOMENTAR