Banyak Rekomendasi Internal LATS Belum Terealisasi

Banyak Rekomendasi Internal LATS Belum Terealisasi

202
0
BAGIKAN

Sumbawa Besar­­—Mudzakarah Rea Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) dibuka Jum’at (16/12/2016) dan dihadiri Sultan Sumbawa, Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Bupati Sumbawa, Husni Jibril dan para pengurus LATS dan Pengurus LATS Ano Rawi maupun pejabat daerah.

Pada pembukaan Mudzakarah Rea tersebut, Sultan Sumbawa, membeberkan bahwa segala kerendahan hati LATS, rekomendasi internal banyak yang belum terpenuhi. Malah sangat minim terpenuhi dengan beberapa terkendala.

Walau demikian kata Sultan, LATS harus berusaha memposisikan diri bagaimana LATS ini di dalam forum nasional disamping memperkenalkan seni budaya Sumbawa, juga mencoba memberikan pemikiran jangka panjang kepada teman-teman yang ada lembaga  adat dan pewaris kerajaannya di seluruh Nusantara.

“Intinya, pemerikiran LATS adalah supaya memberikan kontribusi yang jelas bahwa kita adalah bagian daripada NKRI dengan UUD 1945 dan Pancasila. Inilah yang kita tegaskan, NKRI yang berbentuk Republik,” kata Sultan Sumbawa.

LATS menyatakan ini dengan tegas oleh sebab itu susunan atau struktur organisasi LATS mendukung berjalannya aparatur Republik Indonesia di Tana Samawa.

“Tentu akan banyak dibicarakan dalam forum diskusi dan narasumber atau rapat internal pengurus tentang apa yang telah dicapai, apa kendala, apa yang ingin diperbarui, fokusnya barangkali kalau ada. Apa yang diraih untuk lebih maju. Apa yang akan dipercepat sesuai kondisi di Indonesia dan juga di dunia,” tukas Sultan Sumbawa. (bs/01)

 

TINGGALKAN KOMENTAR