Penanganan Kasus Dana Desa Masih di Inspektorat

Penanganan Kasus Dana Desa Masih di Inspektorat

306
0
BAGIKAN
Kajari Sumbawa, Paryono SH., MH.

Sumbawa Besar—Tahun 2016 lalu Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa menerima sejumlah laporan dugaan penyimpangan Dana Desa dari masyarakat di berbagai Desa di Kabupaten Sumbawa. Antara lain, Desa Bugis Medang dan Desa Usar Mapin.

Hanya saja Kejari Sumbawa menyerahkan kepada Inspektorat Sumbawa untuk melakukan pemeriksaan awal sebelum nantinya ditingkatkan ke proses hukum di Kejari. Hingga 2017 ini, belum ada satu pun dugaan penyimpangan penggunaan Dana Desa tersebut kembali ditangani Kejari Sumbawa.

Kajari Sumbawa, Paryono, SH.,MH., mengkonfirmasi bahwa semua laporan masyarakat menyangkut dugaan penyimpangan Dana Desa masih ditangani Inspektorat dan hingga saat ini belum ada satu pun yang ditingkatkan ke Kejari Sumbawa.

Karena ketika pihaknya menerima laporan dari masyarakat langsung dikoordinasikan dengan Inspektorat. Oleh Inspektorat kemudian diteliti lebih lanjut.

“Masih di Inspektorat. Nanti akan saya minta, ada 3 kalau gak salah laporan Dana Desa yang diserahkan ke Inspektorat,” ujar Kajari.

Ia menegaskan, jika nantinya ditemukan perbuatan melawan hukum maka akan diproses hukum lebih lanjut. Meski diserahkan ke Inspektorat, pihaknya tetap melakukan pengumpulan data.

“Kita kan menghargai apa yang sudah diserahkan ke Inspektorat, nanti kalau hasilnya ternyata memang benar ya sudah sikat saja,” kata Paryono. (bs/01)

 

TINGGALKAN KOMENTAR