Istana Sumbawa Terbakar Hebat

Istana Sumbawa Terbakar Hebat

15041
0
BAGIKAN

Sumbawa Besar–Warga Sumbawa Besar, NTB, dikejutkan dengan kebakaran hebat yang melanda salah satu istana peninggalan Sultan Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin III. Kebakaran ini diduga karena arus pendek sekitar pukul 09.45 WITA, Selasa (11/07/2017).

Upaya pemadaman oleh petugas pemadam dibantu warga.

Pekerja yang ada di sekitar area Istana Putih atau Wisma Daerah, Lalu Sukriman, mengaku bahwa dirinya sempat melihat adanya api dari sudut belakang bagian timur istana dan saat itu juga mengajak para pekerja lain untuk memadamkan tapi karena sumber api dari aliran listik sehingga mereka kewalahan.

“Kami sudah berupaya waktu pertama melihat api tapi ndak bisa padam karena dari kabel listrik, ” aku Lalu Sukriman yang masih dalam keadaan terengah-engah.

Ia menambahkan, setelah tidak mampu memadamkan si jago merah langsung mengubungi warga di sekitar komplek untuk membantu sembari menunggu Satuan Pemadam Kebakaran.

Situasi kebakaran.

Satuan Pemadam Kebaran yang tiba di lokasi ternyata juga sangat kewalahan menjinakan amukan api yang sangat besar. Saking besarnya, api juga merembet ke pohon-pohon kelapa dan tanaman lain yang tumbuh di pekarangan istana putih.

Melihat tenaga petugas pemadam kebakaran yang mewalahan tersebut, warga sekitar ikut membantu. Lagi-lagi usaha itu juga belum mampu memadamkan api apalagi hembusan angin juga cukup kencang dari arah selatan istana.

Api yang membesar pun merobohkan kerangka atap bangunan yang biasanya menjadi tempat menginap para pejabat negara di Sumbawa Besar.

Hingga pukul 11.00 WITA atau berita ini dimuat api masih melalap bagian dalam bangunan yang juga mudah terbakar. Di samping itu, upaya pemadaman terus berlanjut dibantu unit pemadam dari Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin.

Bersamaan dengan datangnya unit bantuan pemadam kebakaran Bandara, api juga merobohkan tembok lantai dua bangunan yang dikenal angker dan mistis itu.

Sedangkan warga Sumbawa Besar ikut berdatangan menonton proses pemadaman yang diupayakan. Sebagian jug masuk ke area istana meski sudah ada larangan dari aparat keamanan. (bs/01)

TINGGALKAN KOMENTAR