Kontingen Pramuka Penggalang Kwarcab Sumbawa Wakili NTB di LT V

Kontingen Pramuka Penggalang Kwarcab Sumbawa Wakili NTB di LT V

391
1
BAGIKAN
Peserta LT V di Cibubur, Jakarta.

Sumbawa Besar–Kontingen Pramuka Penggalang Kwarcab Sumbawa regu putra dan putri menjadi wakil Kwarda NTB pada Lomba Tingkat Lima (LT V) di Tingkat Kwarnas (Nasional). Mereka yang terdiri dari Pramuka Penggalang tersebut dilepas oleh Bupati Sumbawa, Rabu ( (18/10/2017) di Aula lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumbawa Farhan Bulkiyah, dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 16 orang Kontingen Pramuka Penggalang Lima Kwartir Cabang yang terdiri dari 8 orang putra dari SMP Negeri 1 Sumbawa, dan 8 orang putri dari Ponpes Al-Mutmainnah, Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu akan bertanding mewakili NTB di Cibubur.

Farhan Bulkiyah juga menyampaikan bahwa para peserta akan mengikuti TC (Training Center) di Mataram selama 2 hari mulai tanggal 19 sampai dengan 20 Oktober, dan akan mengikuti lomba di Cibubur dari tanggal 21 sampai dengan 28 Oktober 2017.

“Untuk pertama kalinya Kwarcab Sumbawa mampu diwakili oleh dua regu sekaligus. Selama ini belum pernah dua regu putra dan putri Kwarcab Sumbawa menjadi wakil Sumbawa bahkan NTB di tingkat Nasional,” kata Ketua DPRD Sumbawa Periode 2009-2014 tersebut.

Prestasinya sambungnya merupakan hasil dari pembinaan yang panjang oleh para pembina dari tingkat sekolah atau gugus depan hingga tingkat kwartir cabang. Bahkan di tingat kwartir cabang sangat gencar mengadakan pelatihan formal bagi para calon pembina melalui program kursus mahir dasar (KMD) dan kursus mahir lanjutan (KML). Kemudian dilanjutkan dengan kursus pelatih dasar (KPD) dan kursus pelatih lanjutan (KPL).

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Ir. A. Yani menyampaikan bahwa gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal.

Bupati juga menyampaikan bahwa gerakan pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter, dan kepribadian nasional(nation and character building) generasi muda bangsa.

Adik-adik sebagai generasi muda yang menjadi aset bangsa ini harus dijaga dan dibina dengan baik agar kelak dapat berperan lebih besar dan nyata dalam menjaga kelangsungan bangsa ini. Untuk menghadapi masa depan, generasi muda harus mempunyai kualifikasi yang tinggi agar mampu berkompetisi dengan bangsa lain, sebutnya.

Kualifikasi yang dimaksud papar Yani, terutama dari segi ilmu pengetahuan saja belumlah cukup. Masih banyak ilmu lain yang harus dimiliki generasi muda indonesia untuk dimanfaatkan sebagai nilai plus. Ilmu yang dimaksud salah satunya adalah melalui Gerakan Pramuka.

Bupati menyampaikan bahwa gerakan pramuka merupakan tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, danmembina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.

Di dalam organisasi Gerakan Pramuka ini kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain.

Semuanya itu menempa anggotanya untuk mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota pramuka. Gerakan pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara.

Bupati berharap keikutsertaan anggota pramuka dalam mengikuti lomba tingkat pramuka penggalang lima tersebut dapat mendidik anggota pramuka penggalang menjadi pramuka yang rajin, trampil dan gembira, dan dapat membangun kecakapan penggalang membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, serta dapat mendorong perkembangan dan kemandirian dalam membentuk karakter yang lebih baik, sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan. (bs/01)

 

 

1 KOMENTAR

  1. Luar biasa ini sejarah bagi kabupaten sumbawa,
    Karna dua-duanya regu putra dan putri brasal dari kabupaten atau kwarcab yg sama
    Semoga nantinya mereka meraih hasil yg baik serta tetap sehat tentunya
    Aamiin yaa rabbal alamin

TINGGALKAN KOMENTAR