Gakumdu Belum Terbentuk, Panwaslu Sumbawa Barat Gelisah

Gakumdu Belum Terbentuk, Panwaslu Sumbawa Barat Gelisah

109
0
BAGIKAN

Taliwang–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumbawa Barat, sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Kepolisian terkait dengan personil untuk penegakan hukum terpadu (Gakumdu) yang melakukan penindakan terhadap pelanggaran baik yang di lakukan penyelenggara, parpol maupun pasangan calon.

“Kami sudah bersurat ke Kejaksaan dan kepolisian untuk menempatkan personilnya di Gakumdu Sumbawa Barat,” terang Khairuddin, Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran.

Dia mengatakan bahwa sampai sekarang pihaknya belum mendapat rilis resmi terkait dengan siapa yang akan ditugaskan oleh Kejaksaan dan Kepolisian untuk penempatan di Sentra Gakumdu ini.

“Sampai sekarang kami menunggu personil ini, karena Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi diperintahkan untuk segera membentuk Gakumdu ini. Sudah dari jauh hari surat kita kirimkan namun untuk nama dan personil yang akan dimasukkan di Gakumdu belum direspon oleh ke dua institusi ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa untuk personil Gakumdu sudah disediakan tempat dan fasilitas juga sudah dipenuhi, karena Gakumdu yang sekarang ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya bahwa personilnya semua ditempatkan di sekretariat Panwaslu Kabupaten dalam rangka memudahkan koordinasi dengan semua pihak.

Dia berharap agar personil Gakumdu ini berada setiap hari di lokasi sekretariat agar mempermudah dalam mengeksekusi setiap persoalan dan pelanggaran pemilu.

Dia menambahkan, di setiap Kecamatan akan mengadakan sosialisasi, karena anggaran sosialisasi sudah disediakan dengan semua unsur internal. (bs/04)

TINGGALKAN KOMENTAR