Masyarakat Diminta Waspadai Puting Beliung

Masyarakat Diminta Waspadai Puting Beliung

54
0
BAGIKAN
Salah satu rumah yang terkena puting beliung.

Taliwang–Masyarakat saat ini harus mewaspadai kemungkinan teradinya angin putting beliung yang bisa terjadi menjelang turunnya hujan. Seperti yang terjadi di Desa Belo Kecamatan Jereweh dan Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang, Jumat (10/11/2017) dan Sabtu (11/11/2017).

Kerugian materi yang disebabkan bencana alam angin puting beliung di dua Desa berbeda Kecamatan tersebut pun masih dihitung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Kepala BPBD KSB, Lalu Azhar, meminta agar masyarakat setempat selalu mewaspadai cuaca ekstrem yang kemungkinan bisa saja terjadi kembali.

Menyusul pantauan terkini BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat menyebutkan, kemungkinan terjadinya kondisi cuaca ekstrim di wilayah NTB meliputi Sumbawa Barat, Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur bagian utara, dan Dompu dengan potensi curah hujan tinggi mencapai>100 mm, sehingga perlu diwaspadai peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang.

“Seperti angin puting beliung yang terjadi didua desa itu telah membuat atap rumah warga terbang dan menimpa atap rumah warga lainnya. Hal ini mungkin bisa terjadi kembali dan masyarakat harus waspada,” imbuhnya. 

Saat ini pihaknya siaga 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Selain itu sejumlah peralatan, logistik dan SDM yang ada selalu siap untuk memberikan pertolongan ketika terjadi bencana.

“Kita 24 jam stand by guna antisipasi terjadinya bencana akibat cuaca buruk, termasuk jika ada bencana kita siaga untuk terjun langsung,” tutupnya. (bs/04)

TINGGALKAN KOMENTAR