2017 Kasus Pencabulan Anak Meningkat di KSB

2017 Kasus Pencabulan Anak Meningkat di KSB

109
0
BAGIKAN
Ilustrasi pencabulan.

Taliwang–Polres Sumbawa Barat telah mendata pada unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) telah mencatat, bahwa kasus pencabulan mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

Dalam keterangannya Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan S. Ik melalui Kasubag Humas Polres setempat AKP Suwardi mengatakan bahwa tahun 2016 lalu, kasus pencabulan sebanyak 16 kasus. Sedangkan tahun 2017 berdasarkan catatan per-27 November 2017 terdapat 20 kasus.

Dia menambahkan, kasus pencabulan lebih mendominasi dari kasus lainnya. Kasus yang terjadi pada perempuan dan anak tahun 2016 lalu, dilaporkan sebanyak 24. Sedangkan tahun 2017 ini mencapai 26 kasus.

“Setelah kasus pencabulan yang banyak mendominasi, baru kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kasus lainya termasuk kasus penjualan manusia,” tambahnya.

Kasubbag Humas Polres Sumbawa Barat berharap terutama pada orang tua untuk dapat mengawasi pergaulan dan gerak-gerik putra-putrinya dalam bermain dengan temannya.

Berdasarkan jumlah kasus tersebut sambungnya, dapat diambil pelajaran untuk mengawas diri. Sebab, tindak kejahatan kian mengintai orang tua yang memiliki peranan penting. Nanti, kalau sudah kejadian, siapa yang disalahkan. Untuk itu, pengawasan terhadap anak dan lingkungan sangat perlu diperhatikan.

“Pengawasan merupakan upaya preventif agar tindak kejahatan pada anak tidak lagi terjadi,” tutupnya.(bs/04)

 

TINGGALKAN KOMENTAR