Desa Uma Beringin dan Baru Tahan Harumkan Tana Samawa

Desa Uma Beringin dan Baru Tahan Harumkan Tana Samawa

33
0
BAGIKAN

Sumbawa Besar–Sebagai upaya bersama mewujudkan keterbukaan pengelolaan pemerintahan di tingkat desa, Komisi Informasi NTB menggagas program Desa Benderang Informasi Publik (DBIP).

Melalui program ini desa di dorong untuk menginplementasikan Undang-Undang keterbukaan informasi public sehingga dalam pengelolaan pemerintahannya menjadi lebih transparan.

Melalui program yang merupakan gagasan murni Komisi Informasi (KI) NTB ini telah ditetapkan sebanyak 16 Desa DBIP se NTB. Kabupaten Sumbawa melalui Keputusan Bupati telah menetapkan 2 (dua) Desa model DBIP untuk tingkat Kabupaten dan juga melalui Keputusan Bupati Sumbawa telah ditetapkan setiap Kecamatan memiliki satu Desa model DBIP yang pembinaannya melibatkan Dinas PMD Kab. Sumbawa, Bagian Humas Setda Kab. Sumbawa dibawah koordinasi Dinas Kominfotik Kab. Sumbawa.

Dalam keterangannya Kabid IKP Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa, Suparman, menyampaikan bahwa penetapan 2 Desa model DBIP tingkat Kabupaten sesuai arahan dan kriteria yang disampaikan oleh KI Provinsi NTB sedangkan penetapan Desa model DBIP pada masing-masing kecamatan satu Desa model merupakan inisiatif dari Dinas Kominfotik.

Dia menjelaskan bahwa untuk lebih menggemakan kepada masyarakat dan pemerintahan desa se NTB dan nasional, Komisi Informasi NTB menggelar festifal DBIP di Mataram yang pelaksanaannya dari tanggal 28 s/d 30 Nopember 2017.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa mengutus Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara dan Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes untuk mewakili Kabupaten Sumbawa mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh KI Provinsi NTB.

“Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya launching 16 desa model DBIP se provinsi NTB, seminar, lomba cerdas tangkas serta lomba gelar budaya oleh masing-masing desa model DBIP,” sambungnya.

Dari berbagai kegiatan yang diikuti oleh dua Desa model utusan Kabupaten Sumbawa, Desa uma Beringin Kecamatan Unter Iwes berhasil neraih juara I Gelar Budaya jenis Sakeco variasi dan juara III Lomba Cerdas Tangkas.

“Melalui momentum prestasi yang dipersembahkan oleh Desa Uma Beringin ini kita harapkan Kabupaten Sumbawa semakin terkenal dan yang terpenting hal ini dapat dijadikan momentum untuk mendorong keterbukaan informasi publik oleh Pemerintah Desa,” ujar Kadis Kominfotik Sumbawa, Ibrahim, di sela-sela pengumuman pemenang.

“Kita berharap Desa-Desa lainnya dapat mencontoh kedua Desa ini dan bersama-sama mewujudkan layanan informasi yang baik. Sehingga isu keterbukaan bukan hanya sekedar isu tapi terimplementasi dalam pengelolaan pemeritahan Desa di Kabupaten Sumbawa,” harap Haji Ahim biasa Kadis ini disapa.

Sementara itu di tempat terpisah Kades Uma Beringin, Suraiman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Sumbawa khususnya dan jajaran pemerintahan Kabupaten Sumbawa atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan sehingga Desa Uma Beingin dan Baru Tahan dapat mengikuti kegiatan ini dengan lancar.

Desa Uma Beringin dalam kegiatan tersebut menerima 1 unit laptop sebagai apresiasi atas juara I Gelar Budaya Sakeco variasi dan 1 unit laptop dan uang pembinaan sebesar satu juta rupiah atas juara III lomba cerdas tangkas dari Komisi Informasi Provinsi NTB. (bs/01)

TINGGALKAN KOMENTAR