BPJS Kesehatan dan RSUD Tetap Layani Masyarakat Selama Mudik

BPJS Kesehatan dan RSUD Tetap Layani Masyarakat Selama Mudik

47
0
BAGIKAN
Kepala BPJS Kesehatan Kab.Sumbawa, Baiq Soraya Widianti, dan Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri, ketika menjelaskan program Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan.

Sumbawa Besar—BPJS Kesehatan memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat peserta BPJS dalam rangka mudik lebaran tahun ini. Program yang dinamakan Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan tersebut akan diterapkan mulai 11 hingga 14 Juni dan 18 hingga 20 Juni 2018.

Kepala BPJS Sumbawa, Baiq Soraya Widianti, kepada awak media, menegaskan bahwa pelayanan dimaksud waktu pelayanannya terbatas dan tidak seperti biasanya dengan jam operasional dari pukul 08.00 WITA hingga 12.00 WITA .

Yanti (sapannya), menjelaskan bahwa  pelayanan administrasi yang dilayani yakni pendaftaran bayi baru lahir, penerima upah, pelaporan bayi baru yang didaftarkan hingga aktivasi peserta atau pembayaran denda.

“Bagi peserta JKN-KIS yang akan mudik ke kampung halamannya tidak perlu cemas untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan. Para pemudik masih dapat menikmati Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam hal ini Puskesmas yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut atau dari luar daerah,” terang Yanti.

Menurutnya dengan pelayanan seperti itu, maka prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran. Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan. Peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Itu sudah merupakan bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” tegasnya.

Secara terpisah, Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri,  menyatakan bahwa pihaknya akan tetap membuka pelayanan 1 x24 jam selama cuti bersama.

“Kami tetap melayani masyarakat 1 x 24 jam selama cuti lebaran. Harapan kami, pelayanan RSUD sejalan dengan pelayanan  BPJS demi memberikan kemudahan kepada masyarakat,” kata dr. Dede (bs/01)

 

TINGGALKAN KOMENTAR