Anak di KSB Akan Diimunisasi Measeles Rubella

Anak di KSB Akan Diimunisasi Measeles Rubella

106
0
BAGIKAN

Taliwang–Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan menggelar kampanye imunisasi (Measeles Rubella) bagi anak-anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun.

Imunisasi ini akan berlangsung sepanjang bulan Agustus sampai September 2018 bersama Kabupaten/Kota lain se NTB.

Kegiatan ini menjadi langkah pemerintah untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat.

Vaksin measeles rubella adalah vaksin yang diberikan untuk mencegah dua penyakit sekaligus, yaitu campak dan rubella.

Virus ini tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, tapi keduanya bisa dicegah dengan imunisasi. Campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.

Penyelenggaraan vaksin measeles rubella ini secara massal akan dilakukan di 6 provinsi, 119 kabupaten atau kota dan 3.579 Puskesmas, dengan jumlah anak mencapai 34.964.384 anak.

Virus Campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan dan kematian. Rubella berupa penyakit ringan pada anak.

Bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan bayi saat dilahirkan atau disebut dengan Sindroma Rubella Kongenital seperti kelainan pada jantung dan mata, tuli dan keterlambatan perkembangan.

“Imunisasi measeles rubella ini akan diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat,” terang M. Yusfi Halid, selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), pada Kamis, (05/07/2018).

Dia menjelaskan tahun ini, pemerintah memberikan Imunisasi measeles rubella secara gratis. Kementrian kesehatan telah menyediakan vaksin meales rubella ini sebanyak 4.777.150 vial beserta alat suntik dan logistik pendukungnya.

Tambah Yusfi Khalid, Vaksin yang digunakan pemerintah untuk vaksin measeles rubella massal ini telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari BPOM. Vaksin meales rubella ini dipercaya 95% efektif untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

Setelah masa kampanye, imunisasi measeles rubella akan masuk dalam jadwal imunisasi rutin untuk anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 sekolah dasar. (bs/04)

TINGGALKAN KOMENTAR