Home Hukum & Kriminal Pengerjaan Jembatan Sebeok Lelet, Jaksa Ngancam

Pengerjaan Jembatan Sebeok Lelet, Jaksa Ngancam

136
0

Sumbawa Besar–TP4D Kejari Sumbawa mengecek progres pelaksanaan proyek jembatan di Desa Sebeok, Kecamatan Orong Telu, Kabupaten Sumbawa, Kamis (16/08/2018). Jembatan sepanjang 50 meter tersebut dibangun dengan anggaran senilai Rp. 4 miliar.

Hasilnya, TP4D menemukan adanya deviasi atau kekurangan hingga 20 persen. Temuan tersebut menjadi perhatian serius TP4D dan merekomendasikan agar kontraktor pelaksana menambah jumlah tenaga kerja, alat dan waktu kerja agar dapat mengejar deviasi yang ada.

Kasi Intel Kejari Sumbawa yang juga menjabat Ketua TP4D, Putra Riza Ginting, SH., kepada media ini menyebutkan pihaknya bersama Dinas PU, Kabag Pembangunan, Inspektorat, PPK dan Pengawas meninjau lokasi.

Ketua TP4D, Putra Riza Ginting, SH.

“Memang benar ada penurunan atau deviasi yang sangat besar. Bisa dikatakan rawan karena dari kontrak sekitar 2 bulan tapi tidak murni karen PHO, ketika ke lokasi bahwa pengecoran baru dilakukan,” jelas Putra sapannya.

Dia menambahkan, padahal proyek tersebut akan berakhir kontraknya per 10 Oktober 2018. Sementara pengerjaan baru pondasi awal atau deviasi 13 persen atau 20 persen progress pembangunan.

“Keterlambatannya pada penyerahan awal pekerjaan. Selebihnya ketika pada waktu bulan puasa dan lebaran tidak ada tenaga kerja. Menurut pengawas jumlah tenaga hanya 22 orang karena ada deviasi agar ada penambahan tenaga kerja dan alat. Sebab pekerjaan belum optimal, tidak ada pembagian tugas dalam pengerjaan,” papar Ketua TP4D.

Dia merinci bahwa di lokasi belum ada material yang didrop, belum ada pasir, tukang belum cukup banyak dan baru melakukan pengecoran untuk kolom kedua.

“Ketika nanti hasil rapat dan cek lokasi tidak digubris maka kami akan mengancam mencabut diri terhadap pendampingan,” kecam Putra.

Dia menegaskan bahwa proyek tersebut sifatnya urgen sehingga para pihak terkait harus memberikan perhatian. (bs/01)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here