Home Bencana Alam Pemda Sumbawa Minta Peserta Pelantara ke 8 Bantu Korban Gempa

Pemda Sumbawa Minta Peserta Pelantara ke 8 Bantu Korban Gempa

111
0

Sumbawa Besar–Keberadaan para pesertaPerkemahan Saka Bahari Pelayaran Lingkar Nusantara 8 sebagai rangkaian Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 di Kabupaten Sumbawa menjadi perhatian Pemda Kabupaten Sumbawa.

Perkemahan yang dimulai Kamis pagi (06/09/2018) di Pantai Saliper Ate Labuhan Badas Sumbawa, tersebut dibuka Bupati Sumbawa–Husni Djibrilyang diwakili Seksa Sumbawa–Rasyidi.

Di dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa terkait bencana alam gempa yang menimpa Kabupaten Sumbawa mengakibatkan 4 kecamatan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Dampak gempa kata Bupati, sebanyak 7 orang meninggal dunia, 684 orang luka-luka, dan 49.188 orang harus tinggal di tenda-tenda pengungsian, 9.040 unit sarana permukiman dan 230 unit sarana pendidikan, kesehatan dan keagamaan mengalami kerusakan.

“Masyarakat saat ini sudah mulai bangkit dan berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018. Dan satu hal yang menjadi kesyukuran kami, bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa tidak larut dalam kesedihan berkepanjangan,” ucap Bupati.

Bupati berharap kepada para peserta Pelantara-8 agar berkenan membantu masyarakat Kabupaten Sumbawa terdampak gempa dalam masa pemulihan, dengan memberikan “trauma healing” terutama kepada anak-anak korban gempa yang saat ini masih berada di lokasi pengungsian. Sehingga dapat membantu mempercepat proses pemulihan dan tentunya menjadi bagian dari upaya pembinaan generasi muda dalam rangka membentuk karakter bangsa yang dihajatkan melalui kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara.

“Kepada adik-adik peserta Pelantara, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan perkemahan Pelantara-8, semoga adik-adik sekalian merasa senang dan gembira selama berada di daerah kami,” ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, juga berharap agar melalui kegiatan perkemahan Pelantara ini, para peserta sekalian dapat semakin mengenal keragaman budaya dan kehidupan masyarakat di tanah air serta semakin menambah wawasan dan kecintaan kepada bangsa dan negara dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.(bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here