Home Bencana Alam Hipertensi, Dominasi Penyakit di Tenda Pengungsian

Hipertensi, Dominasi Penyakit di Tenda Pengungsian

142
0

Taliwang–Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat telah mendata para masyarakat yang ada tempat pengungsian dengan melakukan pemeriksaan Kesehatan secara berkala.

Data yang dihimpunan dari 9 Puskesmas, pada tanggal 10 September 2018 lalu ada ditemukan penyakit seperti batuk, pilek atau ISPA (inpeksi saluran pernapasan atas) sebanyak 86 orang, penyakit Maag 54 orang, penyakit Diare 20 orang, penyakit Hipertensi 104 orang dan penyakit Reumatik 21 orang dan semua sudah ditangani.

“Sebenarnya kami mengantisipasi penyakit malaria karena berkaca dari kasus yang ada di Lombok Barat,” terang kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan KSB–M. Yusfi Khalid, Rabu, (19/09/2018.

Sebenarnya masyarakat yang terkena penyakit ini karena, daya tahan tubuh masyarakat lemah, sebab para pengungsi kurang tidur dan terkena udara dari luar secara langsung.

“Apabila ada keluhan, kami mengecek langsung penyakit masyarakat,” jelasnya.

Dia menghimbau kepada para pengungsi yang paling penting yaitu para pengungsi berperilaku hidup bersih dan sehat. Kalau masyarakat menjalankan ini, maka faktor kesehatan masyarakat akan aman dari penyakit.

Dia berharap semoga masyarakat bisa melakukan aktivitas hidup sehat di tempat pengungsian. (bs/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here