Home Politik Data Pemilih Invalid, Seperti Ini Sikap Bawaslu

Data Pemilih Invalid, Seperti Ini Sikap Bawaslu

33
0

Taliwang–Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada beberapa hari lalu telah menindak lanjuti temuan dari KPU RI tentang data anomali ada sekitar 392 orang. Temuan dari KPU KSB ada 109 temuan data.

Data inilah yang dicocokan atau diverifikasi untuk melakukan pencermatan bersama Komisi Pemilihan Umum Sumbawa Barat terhadap daftar pemilih tetap hasil penyempurnaan ini.

Berdasarkan temuan KPU RI terkait anak yang dibawah umur 17 Tahun dan ditemukan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak yang tertukar dengan NIK orang tuanya.

“Saat kami turun ada kami temukan NIK yang invalid dikode unik Nomor Induk kependudukan,” terang Gufran, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga.

Dia juga mengatakan bahwa saat melakukan pencermatan bersama PKK, Panwascam, PPS dan PPL dan jajarannya yang didampingi oleh semua element untuk melakukan pencocokan dalam segala hal yang anomali.

“Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan ini juga ditemukan data ganda. Pada saat turun ditemukan di daerah Seteluk ganda yang indentik dengan pemilih di Provinsi lain,” sebutnya.

Dalam pembenaran data, ditemukan yang belum cukup umur ada sekitar 66 orang yang tergabung dalam data anomali. (bs/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here