Home Hukum & Kriminal Nasib Perawat Non PNS di KSB Lebih Baik Dari Sumbawa

Nasib Perawat Non PNS di KSB Lebih Baik Dari Sumbawa

465
0

Taliwang–Nasib para tenaga kesehatan khususnya non PNS/ASN seperti Perawat dan Bidan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) jauh lebih baik ketimbang dengan Kabupaten Sumbawa selaku saudara tua.

Jika di Kabupaten Sumbawa masih ada aspirasi para Perawat sukarela untuk mendapat SK Bupati sebagai pengakuan, di KSB malah sudah menetapkan kebijakan menerbitkan SK Bupati.

Buktinya, Bupati KSB menandatangani SK nomor 191/824/BKD/2018, Tentang Pemindahan Pegawai Tidak Tetap Kegiatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, tahun anggaran 2018.

Seperti yang dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan KSB–Tuwuh, kepada media ini bahwa dengan adanya SK tersebut para Perawat atau Bidan diberikan uang transportasi senilai Rp 700.000 setiap bulannya. Uang transportasi tersebut dibebankan kepada APBD KSB tahun berjalan.

Tuwuh menjelaskan bahwa kebijakan untuk itu sudah digodok dengan anggota DPRD.

para pegawai dimaksud jelasnya, direkrut dan mereka ditempatkan di tempat yang sudah disiapkan oleh Bidang Pegawaian dikuatkan dengan SK Bupati.

“Bila nanti ada perekrutan dan aturan baru maka mereka akan disiapkan. Bila ada aturan perubahan maka mereka akan langsung diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) karena sudah ada perjanjian kerjanya,” jelas Tuwuh.

Meski demikian sebutnya, masih banyak Perawat dan Bidan yang belum di-SK-kan. Mengenai hal tersebut menjadi kewenangan Kepala Daerah.

Tuwuh menambahkan, bahwa saat ini pihaknya tidak diperbolehkan menerima Perawat dan Bidan untuk tahun ini oleh pemerintah daerah selain dari yang telah keluar SK nya tersebut. Bagi mereka yang sudah mendapatkan SK, masa berlakunya hanya satu tahun dan dievaluasi setiap akhir tahun.

Saat ini, Dikes KSB mencatat sebanyak 366 tenaga Perawat dan Bidan yang mengantongi SK tersebut. (bs/04)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here