Home Hukum & Kriminal Video Perkelahian Siswi SMP di Sumbawa Sedot Perhatian Bupati, Aleg dan Dewan...

Video Perkelahian Siswi SMP di Sumbawa Sedot Perhatian Bupati, Aleg dan Dewan Pendidikan

123
0

Sumbawa Besar—Viralnya video perkelahian siswa salah satu SMP di Kabupaten Sumbawa menyedot perhatian Bupati dan Anggota Legislatif di Kabupaten Sumbawa. Video tersebut dengan cepat menyebar di jejaring media social, utamanya facebook dan WA grup.

Bupati Sumbawa, Husni Jibril, ternyata juga menyaksikan adegan mirip pertarungan UFC atau Mix Martial Art tersebut. Dirinya pun langsung bersikap dan merintahkan Kadisdikbud agar mengambil langkah.

“Saya sudah perintahkan Kadis untuk segera mengambil langkah,” singkat Bupati dalam whatshapp yang dikirim kepada wartawan media ini (07/11/2018)

Tidak hanya Bupati, ternyata Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa, yang membidangi urusan pendidikan, Ida Rahayu, ikut bersuara. Dirinya enegaskan bahwa seharusnya Diknas lebih intens dalam melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah.

“Setiap setiap sekolah harus memfungsikan BK. Serta pembinaan Pramuka, dan kegiatan OSIS agar tidak ada lagi tindakan yang memalukan itu. Kegiatan keagamaan lebih dipadatkan sehingga tidak punya waktu untuk berfikir yang negatif. Misalnya kegiatan non ekstra kulikuler. Karena,  sesuai bakat dan minatnya anak-anak,” sebut politisi asal PAN tersebut.

Ida menambahkan bahwa jika siswa atau pun siswi  disibukan dengan hal-hal yang positif tentu dia ada perasaan malu untuk berbuat yang tidak patut.

Dalam hal ini, Ida juga menyinggung peran orang tua sebagai orang yang pertama di rumah yang mendidik.  Sementara, guru adalah org tua pertama di sekolah sebagai pendidik dan pembimbing. Sesuai dengan fungsinya guru sebagai pendidik dan pembimbing.

“Perlu dibangun kerjasama antara guru dan orang tua. Karena, zaman yang menuntut kita harus lebih exstra dalam melakukan pembinaan dan pengawasan. Jangan sampai terjadi pembiaran. Ketahanan keluarga sangat penting. Jika kendor kehidupan dalam keluarga itulah akibatnya seperti yang kita saksikan sekarang,” pungkasnya.

Penelusuran media ini, diketahui bahwa perkelahian dua orang siswi yang viral tersebut ternyata adalah siswa SMP 1 Empang.

“Iya itu benar siswi SMP 1 dan 3 Empang. Mengenai hal tersebut sudah tidak ada masalah. Kami sudah diserahkan ke Diknas (Dikbud),” terang Kepala Sekolah SMP 1 Empang Abdul Rahman, membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya bahwa kedua pihak siswi yang berkelahi telah dipertemukan. Rencananya, Kamis (08/11/2018) pagi, akan dilaporkan secara lengkap ke Dikbud Sumbawa.

Beredarnya video perkelahian siswa SMP yang ada di Sumbawa dengan durasi 3.25 menit di Youtube https://youtu.be/Q4GMFBOsrt8, dan menjadi ramai diperbincangkan oleh warga netizen. Sehingga atas hal tersebut sejumlah pihak meyesalkan kejadian tersebut. Misalnya dewan pendidikan Sumbawa Jamhur Husein sangat menyesalkan hal tersebut.

“Kami minta kepada dua Kepala Sekolah untuk melakukan pembinaan secara terus-menerus kepada siswa dan siswinya. Agar kejadian serupa tidak terulang lagi,”ungkap Pak JH sapannya akrab Jamhur Husein. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here