Home Pemerintahan Bupati Soroti Keadaan Lebo yang Makin Memprihatinkan

Bupati Soroti Keadaan Lebo yang Makin Memprihatinkan

27
0
Bupati Sumbawa Barat, W. Musyafirin, ketika memberikan sambutan.

Taliwang–Bupati Sumbawa Barat–Musyafirin membuka Focus Group Discussion (FGD) untuk tindak lanjut Dokumen Pengelolaan Sumber Daya Air dan lahan Taman Wisata Alam Danau Rawa Taliwang dan daerah tangkapan airnya berbasis daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup (DDDTLH), Senin (11/11/2018), di Hotel Ifa, Taliwang.

Bupati mengharapkan pihak terkait dapat mengembalikan ekosistem Danau Rawa Taliwang. Di satu sisi, dia menyambut baik dan mengapresiasi upaya dari P3E Bali Nusra. Namun untuk pengembalian fungsi Danau Rawa Taliwang yang harus terlibat dan memiliki dananya adalah balai wilayah sungai (BWS).

Tapi instansi ini tidak akan melakukan pembangunan tanpa ada tujuan yang jelas dari pembangunan tersebut.

Sebagaimana diketahui kata Bupati Sumbawa Barat bahwa arah pengembangan Danau Rawa Taliwang adalah sebagai objek pariwisata selain mengembalikan ekosistem flora dan fauna yang ada, ini juga akan dijadikan tempat tangkapan ikan warga. Dapat disaksikan juga bahwa Danau Rawa Taliwang sebagai lokasi pariwisata sudah ramai, jadi arahnya jelas.

“Tugas kita, yakinkan Kementerian PU dan BWS itulah arahnya. Kita juga harus pastikan bahwa pengelolaan lingkungan di sekitar situ berjalan baik, seperti tidak ada gelondong dan aktivitas yang mencemari lingkungan lainnya. Tugas kita juga bahwa Pemerintah Daerah tegas terhadap aktivitas warga yang merusak lingkungan sekitar, melakukan penggalian dan lainnya, meskipun itu orang lokal,” paparnya.

Dia menegaskan untuk hal tersebut, yang penting BKSDA punya konsep, Pemda punya Konsep, BWS, juga punya konsep. Kemudian konsep-konsep pengembangan Danau Rawa Taliwang diintegrasikan untuk menjadi sebuah dokumen yang menghasilkan kebijakan implementasi kedepannya.

Jika didiamkan, lama kelamaan luasnya akan menyusut bahkan habis dicaplok warga. Hal ini harus mendapat perhatian, apalagi memang sejak Indonesia merdeka Danau Rawa Taliwang belum juga direvitalisasi atau dikembalikan fungsinya. (bs/04)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here