Home Uncategorized DPD KNPI dan Pertamina TBBM Badas Selenggarakan Workshop Jurnalistik

DPD KNPI dan Pertamina TBBM Badas Selenggarakan Workshop Jurnalistik

432
0

Sumbawa Besar—Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sumbawa periode 2015-2018, bersama Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT Pertamina (persero) Badas, dan media online Kabar Samawa.com, menyelenggarakan Workshop Jurnalistik sebagai ajang untuk menguatkan silaturrahim antar kedua belah pihak.

Nara sumber kegiatan yang dipusatkan di aula Pertamina TBBM Badas, Minggu (27/11/2016) tersebut yakni Pemred media online BERITA SUMBAWA.NET—Muhammad Kaniti dan Redaktur Pelaksana Harian Umum Radar Sumbawa—Fajar Rachmat.

Keduanya masing-masing mengangkat materi Teknik Wawancara dan Berburu Berita oleh Muhammad Kaniti, serta materi Teknik Menulis Berita oleh Fajar Rachmat. Kegiatan tersebut diikuti dengan seksama oleh para peserta yang terdiri dari internal TBBM Pertamina Badas, wartawan media Online Kabar Samawa.com, perwakilan organisasi Kepemudaan (OKP) yang bernaung di KNPI dan Pengurus Kecamatan KNPI.

Dalam Workshop tersebut, para peserta aktif bertanya dan berdikusi mengenai materi yang diangkat oleh kedua pemateri. Misalnya, terkait kaidah penulisan berita, aturan dalam menulis berita, tehnik wawancara yang baik dan benar. Juga mengenai tantangan dalam berburu berita.

Operation Head TBBM Pertamina Badas, Budi Mustanto, kegiatan ini merupakan salah satu cara menyambut HUT Pertamina ke-59 tahun dengan tema Energi Untuk Karya Dunia. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat oleh pihaknya dengan tujuan untuk semangat kebersamaan.

“Diharapkan dapat mengasah dan meningkatkan skill para penulis sehingga tidak bertindak pasif dalam mendapat berbagai informasi,” ujarnya.

Menurut Budi, mungkin selama ini hanya sekedar membaca, melihat dan mendengar serta mengakses informasi yang didapat, tapi nanti supaya mampu dituangkan dalam bentuk tulisan yang menarik, mempunyai manfaat dan nilai lebih bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dunia jurnalistik nilainya saat ini cukup berpengaruh dalam perkembangan penyampaian informasi kepada masyarakat umum. Banyak hal positif yang didapatkan yaitu orang-orang dapat lebih mengerti dan memahami maksud dan tujuan informasi yang disampaikan dalam bentuk tulisan yang lebih spesifik dan informatif.

workshop-jurnalistik-pertamina-dan-dpd-knpi-3“Yang kami harapkan setelah Workshop Jurnalistik ini para peserta mampu mengambil bagian dalam memberikan kreatifitas dan berani membuat suatu karya,” ujar Budi.

Ketua DPD KNPI Sumbawa, Alwan Hidayat, menyebutkan salah satu tujuan kegiatan dipusatkan di TBBM Pertamina Badas untuk mengenal lebih dekat keberadaan salah satu BUMN penyedia bahan bakar.

Workshop ini jelas Alwan, sebenarnya merupakan kemasan yang dilaksanakan sehubungan dengan kesediaan pihak Pertamina. (bs/01)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here