Home Pendidikan Reuni Amal Lintas Generasi SMAN 2 Sumbawa Sukses

Reuni Amal Lintas Generasi SMAN 2 Sumbawa Sukses

447
0

Sumbawa Besar—Reuni Amal Alumni Lintas Generasi (1995-2015) SMAN 2 Sumbawa Besar, yang dilangsungkan di SMAN  2 Sumbawa Besar, Sabtu (25/02/2017) berlangsung sukses. Kegiatan ini menghadirkan para alumni yang sudah sukses berkarir di bidangnya masing-masing.

Antara lain dari mereka, Andi Rusni yang kini menjadi anggota DPRD Sumbawa, Muhammad Ikbal Perdana Putra yang kini menjadi notaris, juga salah seorang pewarta di media cetak ternama, Zulkarnaen.

Selain kegiatan seremoni, reuni tersebut juga melayani pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah oleh masyarakat umum dan para alumni. Tidak lupa juga perwakilan alumni, memberikan sumbangan bantuan kepada almamaternya, SMAN 2 Sumbawa Besar diserahkan secara simbolik oleh Zulkarnaen selaku wakil alumni kepada Kepala SMAN 2 Sumbawa, Drs. M. Tahir.

Dalam sambutan pembukannya, Ketua Panitia, Fadhil, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dijadikan ajang silaturrahim dan kedekatan dengan para alumni di kemudian hari yang akan  memberikan manfaat bagi para alumni sendiri, almamater, masyarakat, bangsa dan negara.

Dia mengajak untuk menjadikan agenda ini sebagai kegiatan yang  penuh dengan manfaat untuk dapat dipetik di kemudian hari. Dia juga mengusulkan agar pertemuan semacam ini dijadikan agenda rutin dan bermakna.

“Kami mengajak supaya kita tetap saling berkomunikasi dan saling bersilaturrahmi agar kebersamaan kita semakin erat,” ujar Fadhil.

Kegiatan ini juga disponsori oleh Telkomsel, Alfamart, Hotel 99, SKYSEE, Air Minum Semongkat, Galaxy Tenda, Langsung Enak Bakery, Rasesa FM dan Grasia.

Sebagai salah seorang perwakilan alumni, Andi Rusni, yang kini menjabat anggota DPRD Sumbawa, mendapat kepercayaan untuk menyampaikan kesan-kesan dan isi hati selama masih mengenyam pendidikan di SMAN 2 Sumbawa.

Andi Rusni mengatakan ada sekitar ribuan orang yang sudah lulus bahkan menempati posisi yang sangat stategis di pemerintahan Kabupaten Sumbawa, jalur-jalur lain, di Kabupaten lain, Propinsi bahkan di tingkat Nasional.

“Mereka terus terang menyampaikan rasa haru dan bangga. Mereka tidak bisa hadir, ada yang saat ini dirawat di rumah sakit, ada yang memang punya aktifitas yang tidak bisa ditinggalkan, ada yang tinggal cukup jauh di seberang lautan tapi mereka bangga pernah mengenyam pendidikan di SMAN Negeri 2 Sumbawa Besar ini,” terang Andi Rusni.

Ia menyampaikan, bahwa sebagai alumni memang belum mampu berkontribusi terlalu besar. Belum bisa memberikan apa-apa bahkan yang terbaik untuk SMA Negeri 2, tapi setidak-tidaknya masih bangga pernah duduk di bangku SMAN 2 Sumbawa.

Momentum pertemuan ini sesuai dengan tema yang disampaikan sambungya, adalah reuni amal diharapkan terus dilakukan dan apa yang dilakukan tersebut sebetulnya sudah dijalankan. Misalnya saja angkatan 98 mengalokasikan sebagian rejekinya memberikan bantuan bagi korban banjir di Moyo Hilir, Moyo Utara dan Kecamatan Sumbawa. Angkatan-angkatan lain juga melakukan hal yang sama.

“Reuni ini bukan yang terakhir untuk beramal tapi merupakan tonggak untuk melakukan hal-hal yang lebih positif ke depan. Oleh karenanya saya berharap ada pertemuan lanjutan untuk menjadi tonggak perubahan bagi ikatan alumni SMAN 2 Sumbawa,” tandasnya.

Maka ke depan lanjut Andi Rusni, disarankan nantinya ada dibentuk ikatan alumni SMAN 2 Sumbawa. Menjadi  penting agar aktifitas dan kontribusi yang diberikan bukan pada saat temu alumni saja tapi setiap waktu bisa memberikan bantuan kepada SMAN 2 Sumbawa. Bahkan membantu siswa-siswa yang mungkin dengan adanya ikatan alumni bisa memberikan informasi yang lebih baik dan lebih akurat untuk melanjutkan studi atau yang lain, termasuk terhadap mereka siswa SMAN 2 yang kurang mampu.

Oleh karena itu papar Andi Rusni, ikatan alumni dapat dibentuk dengan senyata-nyatanya melalui sebuah yayasan alumni SMANDA. Di situ dapat diekspos apa yang menjadi kebutuhan SMAN 2 Sumbawa.

“Ini akan menjadi pengikat kita semua bahwa ikatan alumni SMAN 2 ini solid dan juga memiliki posisi-posisi yang stategis di masa-masa yang akan datang,” terangnya.

Kepala SMAN 2 Sumbawa, Drs. M. Tahir, menyambut baik Reuni Amal Lintas Alumni SMAN 2 Sumbawa tersebut. Dalam kesempatan itu ia memapaparkan adanya perubahan kurikulum yang diterapkan di SMAN 2 Sumbawa saat ini, yang mana telah menerapkan kurikulum tahun 2013 (K-13).

Tahir juga menyampaikan prestasi siswa SMAN 2 Sumbawa yang telah mampu melanjutkan studi ke Jerman dan China. Di bidang olahraga, sudah menjadi juara olahraga sepakbola di tingkat Kabupaten. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here