Home Politik Newmont Nusa Tenggara dan Freeport Dinilai Berada di Daerah yang Miskin

Newmont Nusa Tenggara dan Freeport Dinilai Berada di Daerah yang Miskin

531
0
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah

Sumbawa Besar—Keberadaan tambang emas yang menjadi sorotan belakangan ini, PT Freeport di Papua dan PT Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT) di Sumbawa Barat, NTB, dinilai berbanding terbalik dengan daerah penghasilnya yang masih miskin.

Penilaian tersebut diutarakan Wakil Ketua DPR RI, asal Sumbawa, Fahri Hamzah, ketika menjadi juru kampanye dalam kampaye akbar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa nomor urut 1, Jack Morsa—Iwan Rahadi, di lapangan sepakbola Pragas Sumbawa, Minggu (29/11/2015).

“Ada dua tambang emas besar di Indonesia, Freeport dan PT Newmont Nusa Tenggara. Bahkan Freeport merupakan tambang emas terbesar di dunia. Tapi bicara Freeport dan Newmont, kedua perusahaan besar tersebut adalah tambang paling besar di dunia. Tapi daerah mereka berada adalah daerah paling miskin di Indonesia, dan kita ikut-ikutan miskin, ” terang Fahri Hamzah.

Ia mengatakan, Papua di mana Freeport berada adalah urutan ke 33 dari 34 Propinsi yang Indek Pembangunan Manusia (PM) nya berada di urutan buncit. Sementara Propinsi NTB menempati juara dua dari bawah. (bs/01)

Mine Pit PT NNT
Mine Pit PT NNT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here