Home Pilkada Panwascam Se Kabupaten Terima Bimtek

Panwascam Se Kabupaten Terima Bimtek

293
0
Rakenis Panwascam Se Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar—Para pengawas pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Panwas Kabupaten Sumbawa, selama dua hari, Kamis (26/11/2015) hingga Jum’at (27/11/2015) di aula Hotel Parahyangan Sumbawa. Setiap Kecamatan diwakili sejumlah komisioner Panwascam yakni 3 orang.

Ketua Panwas Kabupaten, Mahyuddin Soud, mengatakan, Rakernis tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi Panwas Kabupaten dengan Panwascam serta stakeholder yang terlibat dalam rangka melakukan pengawasan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2015 pada 9 Desember mendatang.

Tentu tandasnya, Rakernis ini Panwas harus memiliki kesiapan karena ketika proses ini gagal maka yang pertama kali disalahkan adalah Panwas. Tapi ketika berhasil maka prestasi sangat dibanggakan kepada KPU. Sehingga sebagai penyelenggara dalam hal pengawasan pihaknya harus memiliki kesiapan dengan cara memberikan bimbingan bagi Panwascam

“Itu harus mampu ditransformasikan kepada semua pihak, tidak hanya PPL dan pengawas TPS tapi seluruh warga juga harus mengetahui,” sambungnya.

Masyarakat kata Mahyuddin, juga perlu memahami bagaimana cara mereka memilih, melakukan pengawasan dan menyelamatkan proses politik tersebut. Karena kemajuan Sumbawa atau bangsa ini berada di dalam individu masyarakat tersebut.

Adapun materi yang diberikan penyelenggara pemilu di bidang pengawasan meliput Strategi Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015 yang disampaikan oleh Komisioner Bawaslu RI, Bambang Karyono.

Selanjutnya, Kasat Reksrim Polres Sumbawa, Iptu Tri Prasetyo, menyampaikan materi Prosedur Penanganan Pelanggaran Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2015.

Kemudian Komisioner KPU Sumbawa, Sudirman, S.Ip, yang menyampaikan materi Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2015. Di malam harinya, Kepala Kesbangpoldagri, Drs. Arif, menyampaikan dan Peran pihaknya dalam Pilkada Sebagai Mitra Strategis Panwas Kabupaten Sumbawa.

Kemudian di hari kedua atau Jum’at membahas Teknis Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa oleh para Komisioner Panwas Kabupaten. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here