Home Hukum & Kriminal Calon Tersangka Kasus UP Dikbudpora KSB Disebut

Calon Tersangka Kasus UP Dikbudpora KSB Disebut

304
0

Sumbawa Besar—Kejari Sumbawa Besar bekerja cepat dalam penanganan kasus dugaan korupsi terhadap uang persediaan (UP) Dikpora Sumbawa Barat. Jaksa penyidik kini menyebut calon tersangka dalam kasus tersebut. Diketahui bahwa calon tersangka merupakan seorang oknum pejabat di Dikbudpora Sumbawa Barat. Hal tersebut dikemukakan Kajari Sumbawa Besar, Sugeng Hariadi, SH MH.

Terhadap yang bersangkutan menurut Kajari, sebenarnya telah dipanggil untuk dimintai keterangannya. Hanya saja sampai saat ini yang bersangkutan selalu mangkir.

Kajari mengatakan, apabila ada pengembalian uang Negara, maka mestinya juga dilaporkan kepada pihaknya karena kasus ini dalam tahap penyelidikan.

“Penegakan hukum juga harus dihormati. Siapa lagi yang harus menghormati proses hukum kalau bukan kita. Ini yang harus dipahami,” tandas Sugeng.

Ia menegaskan, kendati kerugian Negara tersebut telah dikembalikan tidak akan menghapus proses hukum. Karena berdasarkan pasal 4 undang-undang nomor 31 tahun 1999.

“Siapapun yang menghalangi proses hukum dalam kasus korupsi bisa dijerat pidana,” tambah Kajari.

Sejumlah pejabat di Dikbudpora SSumbawa Barat telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini. Diantaranya Kepala Dinas dan Sekretaris Dikbudpora KSB. Sejumlah Kepala Bidang juga sudah dipanggil dan diperiksa.

Berdasarkan informasi, UP di Dinas setempat senilai Rp 800 juta raib. Dana itu, bersumber dari anggaran tahun 2014 lalu. Diduga dana itu ditilep oleh oknum pejabat di dinas setempat. (bs/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here