Home Hukum & Kriminal Edar Sabu, Karir Oknum Anggota Polres Sumbawa Akan Habis

Edar Sabu, Karir Oknum Anggota Polres Sumbawa Akan Habis

609
0

Sumbawa Besar—Karir Brigadir SA, di Polres Sumbawa akan habis. Oknum anggota Polres Sumbawa tersebut kini menjadi narapidana di Lapas Dompu lantaran terbukti menjadi pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Ancaman pemecatan pun harus diterima SA.

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad, SIK, Senin (28/12/2015), mengkonfirmasi, bahwa proses hukum terhadap tindak pidana atas yang bersangkutan sudah dilakukan. Lagi pula sudah ada putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Untuk sementara SA ditahan di Lapas Dompu. Tim Komite Kode Etik Profesi Polres Sumbawa yang dipimpin Wakapolres saya tugaskan ke Dompu,” terang Kapolres.

Terkait hal tersebut, Polres Sumbawa pun telah berkoordinasi ke Polres Dompu supaya yang bersangkutan disidang kode etik.

Sidang kode etik terhadap SA rencananya dilakukan Selasa (29/12/2015). Mengenai kemungkinan SA akan dipecat melalui Pembehentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau tidak, semuanya tergantung hasil sidang kode etik. Kapolres pun menyerahkan sepenuhnya persoalan ini kepada hasil pemeriksaan Komisi Kode Etik Profesi Polri.

Terkait tindak pidana yang menjerat SA, Kapolres memaparkan bahwa yang bersangkutan tertanggkap sebagi pengedar sabu-sabu, hal tersebut diketahui berdasarkan hasil pengembangan dari dua orang tersangka dalam kasus serupa. Oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Dompu, SA divonis selama enam tahun penjara.

“Terkena pidana tiga bulan saja oknum bersangkutan bisa direkomendasikan PTDH. Apalagi oknum pelanggar dijatuhi hukuman bertahun-tahun dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Hal ini sesuai peraturan disiplin tentang pemberhentian anggota Polri,” tegas Kapolres Sumbawa.

Kapolres berjanji, akan menindak tegas semua anggota yang terlibat narkoba. Jika sudah terbuki sebagai pengedar, maka tidak ada kompromi lagi bagi oknum tersebut. Sehingga harus dikenakan tindakan tegas. Hanya karena seorang saja yang berbuat buruk malah merusak nama dan citra lembaga kepolisian maupun anggota Polri lainnya. (bs/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here