Home Politik Kembali Nahkodai PAN, BJS Berharap Kekompakan Menuju Dermaga Tujuan

Kembali Nahkodai PAN, BJS Berharap Kekompakan Menuju Dermaga Tujuan

363
0

Sumbawa Besar—Setelah sukses menahkodai DPD PAN Sumbawa dua periode berturut-turut, kini Burhanuddin Jafar Salam (BJS), kembali diamanatkan menjadi Ketua DPD PAN Kabupaten Sumbawa periode 2016-2021.

Pemilihan tersebut melalui forum musyawarah dalam bentuk tim formatur yang ditetapkan oleh DPW PAN NTB, dengan nama-nama yang muncul, Ketua DPD PAN periode sebelumnya, Burhanuddin Jafar, Sekretaris DPD PAN periode sebelumnya, Lukmanul Hakim, Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbawa, Ida Rahayu dan Pengurus DPD PAN lainnya, Fitrah Rino.

Pemilihan dirinya tersebut tidak membuat BJS jumawa, karena baginya eksistensi PAN di Kabupaten Sumbawa merupakan buah kerja keras dan kekompakan para pengurus dan kader partai hingga tingkat bawah untuk membesarkan PAN.

Dihubungi Minggu (27/12/2015), BJS mengungkapkan rasa syukurnya kehadirat Allah SWT terhadap suksesnya pelaksanaan Musda IV DPD PAN Sumbawa. Hal tersebut terjadi karena berkat pejuang partai yang menyiapkan dan melaksanakan Musda.

“Saya terpilih kembali dalam proses pemilihan secara legitimet dan konstitusional partai. Ini saya anggap sebagai amanat yang akan menjadi tanggung jawab lebih berat ke depan. Ini akan saya emban bersama keluarga besar dan kader PAN,” ujar BJS

Menurutnya, apa artinya seorang BJS tanpa ada bantuan dan kerjasama dengan kader PAN dalam membesarkan partai.

Tentu tegasnya, di periode 2016-2021 nantinya akan membawa perolehan suara PAN lebih baik dari sekarang. Dengan target menaikan dua kursi dari sekarang hanya 5 kursi di DPRD Sumbawa.

“Minimal memasukan kader di legislative menjadi unsur pimpinan. Karena di Pileg kemarin peroleh 5 kursi sama dengan PPP dan Hanura hanya kalah akumulasi suara. Ini realistis dengan menjadi unsur pimpinan DPRD Sumbawa,” ungkapnya.

Namun demikian, BJS mengakui bahwa secara struktural instrument partai selama ini masih belum begitu sempurna, baik pada struktur ke bawah dan Kabupaten. Namun yang tak kalah pentingnya adalah kekompakan untuk membangun partai.

Namun ketika menghadapi moment politik, Pilkada, Legislatif dan sebagainya ada tiga kata kunci yang penting.

“Harus ada kerendahan hati untuk memberikan kesempatan untuk orang yang dianggap layak. Kita harus rasional dan loyalistik dalam melihat target dan peluang yang ada. Saya kira ini singkron, sehingga dalam setiap proses harus ada unsur tersebut, yang tetap dijadikan pegagangan dalam mengambil sebuah keputusan yang terjadi,” papar Anggota DPRD NTB tersebut.

Ia berharap pengurus baru di keluarga besar PAN, ketika membawa perahu PAN bersama-sama mendayung perahu untuk tiba di dermaga tujuan. Mudah-mudahan dalam menghadapi persoalan eksternal dan internal kompak menyeimbangan dan mendayung perahu sehingga dengan mulus sampai ke dermaga tujuan. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here