Home Pendidikan Rintisan AKN Sumbawa Wisudakan 62 Orang Mahasiswa Angkatan Kedua

Rintisan AKN Sumbawa Wisudakan 62 Orang Mahasiswa Angkatan Kedua

379
0

Sumbawa Besar—Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sumbawa, Rabu (02/12/2015) mewisudakan sebanyak 62 orang mahasiswa angkatan kedua di Hotel Sernu Raya, Sumbawa Besar. Dalam praktek perkuliahan, rintisan AKN Sumbawa bekerjasama dengan Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

 

Syahril M. Pd (1)

Menurut Penanggung Jawab Rintisan AKN Sumbawa, Syahril, M.Pd, kali ini pihaknya mewisudakan mahasiswa dari 3 Program Studi (Prodi), terdiri dari Prodi Peternakan 27 orang, Prodi Tanaman di Pangan Holtikultura 4 orang dan Prodi Teknologi Pangan 31 orang. Para alumni AKN tersebut dinyatakan telah menempuh 2 tahun kuliah atau 4 semester.

Diharapkan kata Syahril, para alumni setelah wisuda mampu mandiri untuk berwirausaha. Karena sejak kuliah, mereka telah dididik untuk menciptakan lapangan pekerjan bukan sebaliknya melamar pekerjaan.

“Diharapkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja sendiri melalui bidang agro bisnis dan agro industry,” katanya.

Berdasarkan catatan pihaknya, ada sebagian dari alumni yang sebelum diwisuda telah menjalankan usaha agrobisnis dan agroindustri di tempat masing-masing. Diantara mereka ada yang sedang dan ada yang sudah berusaha lebih dulu. Sesuai dengan sentuhan Iptek yang didapatkan di bangku kuliah. Diharapkan unit-unit usaha mereka dapat berkembang sesuai harapan.

Untuk menuju kemandirian, Rintisan AKN Sumbawa papar Syahril, telah menyiapkan seluruh dokumen persyaratan sesuai ketentuan di dalam Permendikbud 28 tahun 2014. Persyaratan tersebut telah diantar ke Kemenristek Dikti.

“Kami menunggu visitasi Kementerian untuk memverifikasi persyaratan yang telah ditetapkan, lalu akan dipanggil untuk melanjutkan kegiatan kemandirian AKN,” ujarnya.

Semoga harapnya, semua syarat yang kita ajukan cukup baik dan layak. Karena hal ini merupakan harapan masyarakat Sumbawa untuk menghadirkan perguruan tinggi negeri pertama di Sumbawa walaupun di jenjang Diploma II. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here