Home Pilkada Semua Pihak Diajak Ciptakan Pilkada Damai

Semua Pihak Diajak Ciptakan Pilkada Damai

293
0

Sumbawa Besar—Pilkada Sumbawa tinggal menghitung hari saja, sejauh ini situasi kantibmas masih kondusif. Belum ada gangguan berarti yang mengarah kepada konflik fisik akibat dari ekses kampanye Pilkada.

Namun demikian, pihak Kesbangpoldagri, menginiasi rakor dengan para stakeholder dalam hal ini KPU, Panwas, Kapolres, Kajari, Dandim dan para Camat se Kabupaten Sumbawa, Rabu (02/12/2015).

Menurut Kepala Kesbangpoldagri Sumbawa, Drs. Arif, M.Si., Sumbawa yang senap semu nyaman nyawe dapat diwujudkan dalam hal apapun termasuk perhelatan Pilkada yang merupakan bagian terintegrasi dari proses rekrutmen kepemimpinan daerah lima tahunan. Karena agenda ini merupakan amanat undang-undang, maka harus dilaksanakan tanpa reserve.

“Kita harus laksanakan. Kita sukseskan dengan semua kemampuan yang ada demi kemaslahatan tau dan tana Samawa,” tegasnya.

Terselenggaranya Pilkada harapnya, agar sukses, lancar, aman dan tidak menimbulkan konflik. Serta tidak memakan energy yang banyak. Tidak menganggu sendi-sendi kehidupan lainnya. pAgar para Pelajar dan mahasiswa dapat belajar dengan aman, dan para pedagang semua aktif sebagaimana biasa.

Kapolres Sumbawa, AKBP. Muhammad, yang menjelaskan mengenai pengamanan Pilkada, menjelaskan, Polres Sumbawa telah menyiapkan strategi dalam pengamanan Pilkada serentak.

Dalam hal ini, pengamanan Pilkada Sumbawa akan melibatkan semua personel di Polres Sumbawa sebanyak 600an orang, kompi Brimob sekitar 100 orang, TNI 100 orang dan BKO Dalmas Polda 92 orang.

Tehnisnya, 1 anggota akan diplot untuk 1 atau hingga 3 TPS tergantung dari tingkat kerawanan TPS tersebut.

“Kategorinya ada rawan 1 dan rawan 2. Sudah disesuaikan dengan tingkat kerawanan. Apakah itu karena kriminalitas atau geografis,” kata Kapolres.

Kapolres mengimbau supaya pasangan cabup untuk berkompetisi secara sehat. Namanya juga kompetisi, tentu akan ada yang menang dan kalah. Bagi yang kalah diminta legowo. Bagi yang terpilih jangan merasa sok di atas angin, dan tetap menjaga kantibmas.

“Karena kami tidak akan mentolerir siapapun yang membuat tidak aman, kalau ada yang merusak keamanan akan ditindak tegas,” tandasnya.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, menambahkan, rakor tersebut dalam rangka mempersiapkan kegiatan akhir menjelang Pilkada. Pihaknya menyampaikan terimakasih atas inisiasi Kesbangpoldagri.

Menurut Syukri, KPU Sumbawa per Kamis (03/12/2015) sudah mulai mendistribusikan logistic ke daerah-daerah yang dianggap terpencil dan medannya sangat berat. Misalknya ke Orong Telu, Tarano dan Batulanteh. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here