Home Pariwisata Butuh Dukungan Pemda, Pelabuhan Badas Gaet Kapal Cruiser Berlabuh

Butuh Dukungan Pemda, Pelabuhan Badas Gaet Kapal Cruiser Berlabuh

626
0

Sumbawa Besar—Pihak Kesyahbandaran Pelabuhan Badas, Sumbawa, berusaha menggaet supaya kapal pesiar atau Cruiser berlabuh di Pelabuhan kebanggaan masyarakat Sumbawa tersebut. Upaya pihak kesyahbandaran tersebut membutuhkan dukungan Pemda karena dipastikan kapal tersebut akan membawa para turis mancanegara.

Sepanjang tahun 2015 menurut Kepala Syahbandar Pelabuhan Badas, Sentot Ismudiyanto, bahwa pihaknya telah menerima 4 kedatangan kapal Cruiser yang membawa para turis mancanegara dan berkeliling atau menjelajah kota Sumbawa dan budaya lokalnya.

Ia mengakui selama ini justeru dar Pemda Sumbawa khususnya Dinas terkait tidak menyiapkan fasilitas jamuan para tamu turis mancanegara tersebut.

“Maksud saya, ketika mereka datang ada pemberdayaan masyarakat yang bergerak di UMKM. Pemda menyiapkan tenda semacam stand kecil,” ujar Sentot.

Diskusi Pimpinan Komisi IV DPRD NTB, Nurdin Ranggabarani dengan Kepala Syahbandar Pelabuhan Badas, Sentot IsmudiyantoPadahal sambungnya, jauh dari sebelum kapal tiba sudah ada pemberitahuan, itu pun minimal 2 minggu mereka sudah menginformasikan akan nyandar.

Sekretaris Komisi IV DPRD NTB, Nurdin Ranggabarani, yang memiliki agenda kunjungan kerja di Pelabuhan Badas, Minggu (10/01/2016), berpendapat bahwa sebenarnya kapal pesiar tersebut dapat ditahan melalui syahbandar, dengan cara mengatur jadwal perjalanan kapal, misalnya syahbandar tidak bisa mengeluarkan kapal di jam 2 mungkin jam 5 sore. Apalagi kalau memang berniat lama, jadi komunikasi saja.

“Persoalan kurangnya perhatian dari Pemda kita komunikasikan saja. Sebenarnya dengan adanya turis mancanegara, kita bisa membangun atau menyiapkan panggung untuk hiburan mereka,” ujar Nurdin Ranggarabani. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here