Home Pembangunan dan Infrastruktur Pelabuhan Badas Akan Diusulkan Ganti Nama Jadi Pelabuhan Laksda Manambai Abdul Kadir

Pelabuhan Badas Akan Diusulkan Ganti Nama Jadi Pelabuhan Laksda Manambai Abdul Kadir

644
0

Sumbawa Besar—Nama Pelabuhan Badas, di Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, dirasa perlu berganti nama menjadi tokoh Sumbawa atau tokoh yang berjasa bagi daerah ini. Munculah ide nama besar Laksamana Madya (Laksda) L. Manambai Abdul Kadir, sebagai nama pengganti Pelabuhan Badas.

Hal tersebut mengemuka dalam kunjungan kerja Pimpinan Komisi IV DPRD NTB, Nurdin Ranggabarani SH MH., ke Pelabuhan Badas, dan bertemu dengan Kepala Syahbandara Pelabuhan Badas, Sentot Ismudiyanto., Minggu (10/01/2016).

Menurut Nurdin, sudah seharusnya nama Pelabuhan diganti dengan nama seorang tokoh yang berjasa. Sama halnya ketika pergantian nama Bandara Brang Biji menjadi Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III yang pernah ia usulkan dan berjalan.

Tidak hanya itu terang Nurdin, nama RS Rujukan Propinsi di Pulau Sumbawa juga diusulkan menjadi nama Manambai Abdul Kadir. Di mana saat itu, Nurdin menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus).

“Jika berkenan, usulkan perubahan nama Pelabuhan ini bisa bersama-sama kita lakukan. Supaya namanya keren,” kata Nurdin.

Bagi Kepala Syahbandar Pelabuhan Badas, Sentot Ismudiyanto, sebenarnya sejak ia menjabat di Pelabuhan Badas, sudah berpikir untuk mengganti nama Pelabuhan Badas dengan nama tokoh terkenal asal Sumbawa.

“Saya minta coba carikan nama pake Bahasa Sumbawa, Cuma saya tidak menyebutkan nama Pahlawan. Supaya bisa Pelabuhan ini pake nama Bahasa Sumbawa. Kemudian dermaga-dermaganya juga pakai nama dermaga yang bagus,” kata Sentot.

Bahkan ia mengaku sempat mendiskusikan dengan PT Pelindo II yang mengelola Pelabuhan Badas. Ternyata sekarang ada usulan DPRD NTB untuk mengganti nama tersebut. Sehingga hal tersebut dapat dilakukan. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here