Home Pemerintahan Pimpinan Komisi IV DPRD NTB Pertanyakan Pengiriman Galian C dari Badas ke...

Pimpinan Komisi IV DPRD NTB Pertanyakan Pengiriman Galian C dari Badas ke Pulau Sailus

698
0

Sumbawa Besar—Pimpinan Komisi IV DPRD NTB, Fraksi PPP, Nurdin Ranggabarani SH MH., pada Minggu (10/01/2016) menyempatkan diri melihat langsung proses pengangkutan bahan tambang galian C yang dikeruk di Sumbawa dan dikapalkan melalui Pelabuhan Badas menuju Pulau Sailus, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Kunker Pimpinan Komisi IV DPRD NTB ke Pelabuhan Badas SumbawaSetelah ia bertemu dengan Kepala Syahbandar Pelabuhan Badas, Sentot Ismudiyanto, di kantornya, diketahui bahwa memang benar terjadi pengapalan bahan galian C melalui Pelabuhan Badas menuju Pulau Sailus menggunakan kapal tongkang.

Berdasarkan keterangan Kepala Syahbandar, hal tersebut terjadi tahun 2015 dan digunakan untuk membangun sebuah proyek di Pulau Sailus. Namun Syahbandar Pelabuhan Badas tidak berwenang mengurus muatan kapal pengangkut bahan galian C tersebut.

Dalam hal ini, Nurdin Ranggabarani SH MH., mempertanyakan proses pengiriman galian C tersebut. Untuk itu Komisi yang dipimpinnya akan segera memanggil Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi NTB, dan Perijinan Terpadu terkait legalitas pengiriman galian C tersebut ke luar wilayah NTB.

“Kita akan segera memanggil kedua institusi ini untuk memastikan apakah yang dikirim ini legal. Kalau kemudian dinyatakan illegal kita akan segera memanggil perusahaan yang bersangkutan,” tandas Nurdin Ranggabarani.

Fenomena tersebut kata Nurdin terindikasi mengakibatkan terjadinya keborocan di sektor pendapatan asli daerah (PAD) Propinsi NTB. Apalagi hal tersebut terjadi sepanjang 2015.

“Kita juga akan melihat ke Syahbandaran, sudah berapa kali dan sejak kapan kapal ini mengangkut. Kita akan mempertanyakan berapa berat tonase yang keluar dari pelabuhan untuk mengetahui jumlah atau volume yang dikirim,” tambahnya. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here