Home Hukum & Kriminal Usut DBHCHT, Jaksa Periksa Direktur RSUD

Usut DBHCHT, Jaksa Periksa Direktur RSUD

476
0

Sumbawa Besar—Setelah memeriksa para Kepala SKPD terkait dalam hal Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Sumbawa tahun 2014, Kamis (21/01/2016) jaksa Kejari Sumbawa Besar memeriksa Direktur RSUD Sumbawa, dr. Selvi.

Pemeriksaan tersebut terang Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sumbawa Erwin Indrapraja, SH., MH. Direktur RSUD Sumbawa, dalam rangka diklarifikas.

Selvi diklarifikasi mengenai jumlah anggaran yang diterima. Pihaknya juga mempertanyakan mengenai peruntukan dana tersebut.

Dalam hal ini RSUD Sumbawa sendiri menerima sekitar Rp 1 miliar lebih. Dimana dana tersebut dipergunakan untuk sejumlah kegiatan. Menurut hasil klarifikasi, yang diterima dari DBHCHT ini oleh masing-masing SKPD jumlahnya berbeda. Ada yang menerima di bawah Rp 500 juta dan ada yang di atas Rp 1 miliar.

“Menurut pengakuan Direktur RSUD dananya sudah digunakan untuk sejumlah kegiatan. Masing-masing kegiatan juga sudah dibuatkan pertanggungjawabannya. Meski demikian, penggunannya juga masih perlu kami analisa lagi,” ujar Erwin.

Tidak hanya Direktur RSUD yang diperiksa Jaksa, namun pemanggilan juga dilakukan terhadap dua orang anggota TAPD Kabupaten Sumbawa. Mereka adalah Didi Iskandar dan Syamsul Atmiruddin yang saat ini bertugas di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPK) Sumbawa. Pertanyaan bagi anggota TAPD sedikit berbeda.

Peran TAPD terang Erwin, mengalokasikan dana untuk masing-masing SKPD. Jaksa menanyakan seputar pertimbangan dan jumlah alokasi untuk masing-masing SKPD penerima. Proses pengajuannya seperti apa dan di mana SKPD mengajukan rencana program. Kemudian diseleksi oleh tim TAPD, apa saja program yang bisa dilaksanakan menggunakan DBHCHT. Jaksa penyidik akan menganalisa dan mengumpulkan data setelah klarifikasi tersebut selesai. (bs/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here