Home Pembangunan dan Infrastruktur Wilayah Pengawasan Luas, Syahbandar Keluhkan Minimnya Personel

Wilayah Pengawasan Luas, Syahbandar Keluhkan Minimnya Personel

516
0

Sumbawa Besar—Wilayah kerja pengawasan Syahbandar Pelabuhan Badas yang mencakup se Kabupaten Sumbawa tidak sebanding dengan jumlah personel yang berada di lingkup organik Syahbandar Pelabuhan Badas yang hanya 15 orang.

Kondisi tersebut dikeluhkan Kepala Syahbandar Pelabuhan Badas, Sentot Ismudiyanto, kepada Pimpinan Komisi IV DPRD NTB, Nurdin Ranggabarani SH MH, dalam kunjungan kerjanya di Pelabuhan Badas, Minggu (10/01/2015).

Menurut Sentot, sejak diberlakukannya Permenhub Nomor 135 tahun 2015, di mana luas pengawasan pihaknya bertambah hampir satu Kabupaten Sumbawa. Tadinya bernama daerah lingkungan kerja hanya mencakup sekitar Pelabuhan Badas saja tapi kini bertambah hingga mengawasi Pelabuhan Jambu, Labangka, Ai Bari, Teluk Santong hingga Pulau Moyo.

Sentot mengatakan, dengan demikian tentunya personel sangat terbatas. Sementara semua tempat tersebut harus diisi dan diawasi. Apalagi di Pelabuhan Jambu diketahui kerap disinggahi kapal ikan dan diantaranya berbendara asing.

“Kita ingin tahu apakah kapal asing ini berijin atau tidak, saya kasihan dengan nelayan kita. Apalagi program Men KKP sekarang sedang gencar-gencarnya bagaimana melindungi nelayan dan sebagainya,” kata Sentot.

Dengan jumlah personel yang hanya 15 orang sambung Sentot, tentu tidak ideal dan idealnya harus 100 orang. Kalau pun harus mengangkat pegawai honorer pihaknya tidak memiliki anggaran untuk pembayaran honor mereka.

“Mau dibayar pake apa? Mau pake ikan? Idealnya 100 dengan luas wilayah. Kendalanya ada moratorium sampai 2019 untuk penambahan personel. Akhirnya kami mencoba dengan meminta ke kantor lain yang overload untuk pindah tugas,” jelas Sentot.

Meski sudah meminta bantuan personel, tapi pihaknya hanya mendapatkan satu pegawai tambahan, itu pun seorang pegawai wanita. Tidak hanya itu, ia pun telah berkomunikasi dengan Kepala Syahbandar Pelabuhan Lembar di Lombok Barat untuk menggeser 5 orang personelnya ke Pelabuhan Badas. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here