Home Pendidikan Gaet Coca Cola Foundation, Arpusda Sumbawa Menuju E-Pustaka

Gaet Coca Cola Foundation, Arpusda Sumbawa Menuju E-Pustaka

376
0

Sumbawa BesarKantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Sumbawa bekerja sama dengan Coca Cola Foundation. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU pada 12 Februari 2016 lalu.

Adapun isi kerjasama tersebut, bahwa Coca Foundation akan membantu Perpustakaan Sumbawa untuk dikembangkan menjadi Perpustakaan yang disenangi masyarakat. Dalam hal ini Coca Cola Foundation memberikan perangkat keras maupun perangkat lunak berbasi IT.

Tidak hanya itu, Coca Cola Foundation juga memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam rangka pengembangan kewirausahaan.
Menurtu Kepala Kantor Arpusda Sumbawa, Syahril, bahwa visi dari kerjasama ini adalah mengembangkan Perpustakaan Daerah dalam rangka mengembangkan kewirausahaan masyarakat, industry kecil dan menengah dan kerajinan perempuan, maupun petani dan nelayan.

Dalam mensukseskan itu terang Syahril, Coca Cola Foundation juga memberikan pelatihan berupa penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, bagi staf Perpusataan dan Supporting information yang direkrut dari Desa/Kelurahan yang perkembangan Perpustakaanya cukup menggembirakan.

“Ada didukung dari Supporting dari Desa Langam, Uma Beringin, Penyaring dan Desa Leseng. Ini terus kita kembangkan pada tahun 2017 sampai dengan 2018,” terang Syahril.
Menurutnya, pengembangan ini ke depan diarahkan agar ke depan Perpustakaan tidak lagi bersifat tradisional tapi menjadi digital.

Meski belum murni virtual tapi tahun 2017 sudah mulai E-Pustaka. Sehingga sekolah-sekolah atau masyarakat yang dalam radius 5 Km dari Perpustakaan yang mampu mengakses pustaka bahan refrensi dari Perpustakaan tanpa harus berkunjung ke Perpustakaan.

“Ini intranet bukan internet, tidak seperti radio lah. Jadi kita akan memasang tower dengan server yang cukup canggih. Masyarakat dapat mengakses tanpa menggunakan pulsa. Itu sudah didesain secara canggih dan sulit dihacker, tidak bisa melihat konten porno di dalamnya. Karena diprotek sedemikian rupa dan cukup tinggi,” papar Syahril. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here