Home Kesehatan Meriahkan Peringatan Gabungan Hari Besar Nasional Dengan Pelayanan Kesehatan

Meriahkan Peringatan Gabungan Hari Besar Nasional Dengan Pelayanan Kesehatan

463
0

Sumbawa Besar—Dinas Kesehatan Sumbawa bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memilih untuk memberikan pelayanan kesehatan dan penyuluhan kesehatan gratis bagi masyarakat dan para remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula SMAN 3 Sumbawa Besar dan Kantor Kelurahan Brang Biji, Jum’at (20/05/2016) tersebut dalam rangka memeriahkan sekaligus memperingati hari Lansia, Hari Bhakti Dokter, ultah IBI sekaligus Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam hal ini, Kepala UPT Puskesmas Unit II, Muhammad Syukri, mewakili Kadis Dinas Kesehatan, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan antara lain memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja.

Karena khususnya di Puskesmas Unit II masih banyak masalah mengenai kesehatan remaja, khususnya mereka yang ikut kegiatan bansos dan pemeriksaan hemoglobin (Hb) menjelang menstruasi cenderung rendah. Untuk itu nantinya melalui penyuluhan tersebut dapat disampaikan kepada para peserta penyuluhan.

“Kadang-kadang diberi obat, tapi kadang tidak mau diminum. Padahal itu penting,” kata Syukri.

Secara terpisah, pelayanan pemasangan alat kontrasepsi atau KB gratis dipusatkan di Kantor Kelurahan Brang Biji oleh IBI Ranting VII.

Ketua IBI Ranting VII,

Sherly Sukmawati, menyampaikan kegiatan  tersebut  dipusatkan untuk memasangan alat kontrasepsi jangka panjang, pemeriksaan atau dan deteksi dini kanker serviks. Melibatkan masyarakat yang berada di wilayah kerja IBI Ranting VII di Kelurahan Uma Sima, Lempeh dan Brang Biji.

Sementara itu sambungnya, dalam rangka meningkatkan kapasitas bidan di ranting VII pihaknya akan melaksanakan cerdas cermat, lomba dance cuci tangan ceria melibatkan kader posyandu dan bidan.

“Cerdas cermatnya untuk peningkatan kapasitas bidan. Rencananya bekerja sama dengan ranting unter iwes dan Labuhan Badas. Jadi kita nanti bekerja sama,” kata Sherly Sukmawati.

Bidan Koordinator Puskesmas Unit II, Endang Sulasti menambahkan, bahwa kegiatan mereka tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan IBI Ranting VII, ada pun sebelumnya dilaksanakan oleh Puskesmas unit II.

“Oleh sebab itu jumlahnya hanya 30 orang akseptor sisa dari yang belum tercover di hari ulang tahun puskesmas yang jumlah akseptornya 51 orang,” ujar Endang Sulastri. (bs/ken)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here