Home Olahraga FPTI KSB Manfaatkan Tebing Alam Untuk Persiapan Porprov 2018

FPTI KSB Manfaatkan Tebing Alam Untuk Persiapan Porprov 2018

141
0

Taliwang–Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Cabang Sumbawa Barat saat ini sedang melakukan penjajakan ke seluruh bukit yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

Pencarian tebing alam ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat latihan yang sekaligus sebagai tempat diselenggarakannya event panjat tebing.

Mengingat event olahraga panjat tebing ini sebagai sebuah hobi yang juga mempunyai efek terhadap pengenelan sport tourism kepada masyarakat.

Ditemui media ini, ketua harian FPTI KSB Roy Marhandra setelah selesai rapat harian pengurus FPTI KSB menerangkan bahwa semenjak 1 tahun belakangan ini aktifitas atlit panjat tebing telah vakum karenakan fasilitas papan panjat telah dibongkar untuk kegiatan lain. Saat ini proses pembuatan papan panjat yang baru saat ini belum dapat dituntaskan.

“Saat ini masih dalam proses pembangunan papan panjat permanent yang berlokasi di danau lebo taliwang. Pembangunan ini berkat dukungan dari Komite olahraga Nasional indonesia Kabupaten Sumbawa Barat,” terangnya.

Sehingga saat ini capaiannya baru dapat dikerjakan 50% karenakan standar papan yang akan dibuat untuk sementara ini bisa untuk memenuhi persyaratan untuk dilaksanakannya event skala regional dan juga nasional.

Dalam pembangunannya membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi walaupun begitu masih ada kekurangan FPTI KSB optimis terhadap pembangunan papan panjat, yang akan dituntas di awal tahun 2018,” ungkap roy, sapaan akrabnya

Roy menambahkan, di samping upaya pembangunan papan panjat yang baru, saat ini pihaknya sedang melirik pemanfaatan tebing alam untuk proses latihan atlit, untuk persiapan TC di awal 2018 nanti.

Saat ini terdapat tebing alam yang cocok dijadikan sarana penguatan atlit yaitu seperti bukit di labuhan balad, bukit Desa Banjar, bukit di Desa Sekongkang, dan bukit di Desa mantar. Masih banyak bukit lainnya yang belum terinventarisir tapi beberapa bukit yang ada tersebut akan dijadikan sebagai arena latihan pada awal tahun 2018.

Saat ini upaya yang dilakukan ini, terang roy bahwa yaitu sedang berupaya meningkatkan prestasi cabang olahraga panjat tebing untuk menghadapi Porprov 2018 nanti. Sebelumnya Sumbawa Barat pernah menjadi juara umum ke 4 dengan perolehan 5 medali. Walaupun saat ini fasilitas masih terbatas, tapi mampu mengalahkan Kabupaten lainnya yang memiliki fasilitas papan panjat yang berstandar nasional.

Dia berharap dukungan berbagai pihak sangat dibutuhkan melihat peminat olahraga panjat tebing ini cukup besar di Kabupaten Sumbawa Barat dan tentu peluang ini untuk melahirkan atlit berprestasi cukup besar. (bs/04)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here