Home Pariwisata Disbudpar KSB Akan Perbaiki Cagar Budaya

Disbudpar KSB Akan Perbaiki Cagar Budaya

137
0

Taliwang–Cagar budaya merupakan bagian dari situs sejarah yang harus dipelihara. Baik oleh pemerintah, maupun masyarakat setempat. Dilihat sampai saat ini masih ada beberapa situs sejarah di Kabupaten Sumbawa Barat yang kondisinya memprihatinkan.

Dalam keterangannya kepada awak media Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumbawa Barat, Abdurrahman, mengatakan bahwa pihaknya tak memungkiri sedikitnya ada sekitar 10 lokasi cagar budaya yang memang belum terurus secara maksimal.

Keseluruhannya berupa makam para datu serta kuburan tentara Belanda zaman dahulu. Lokasinya tersebar di Kecamatan Taliwang, Brang Rea dan Seteluk.

“Sejauh ini baru dua situs saja yang sudah direhabilitasi yakni situs Batu Bergores dan makam Raja Seran di Desa Seran, Kecamatan Seteluk. Sementara sebagiannya masih belum terurus secara maksimal. Bahkan ada beberapa situs yang belum dikunjungi sama sekali untuk dilakukan proses pemeliharaan,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa tidak menafikan rehabilitasi dan penataan situs cagar budaya itu sangat penting artinya bagi peradaban suatu daerah. Di dalamnya ada nilai-nilai pendidikan, agama dan kebudayaan. Sehingga, perlu dilakukan penataan dan rehabilitasi agar generasi saat ini dapat mengenal sejarah yang ada di daerahnya.

Untuk itu, sebagian situs cagar budaya yang belum terurus secara maksimal tersebut direncanakan akan direhab kembali dalam waktu dekat ini dan dikembalikan ke fungsi utamanya dengan telah menyiapkan anggaran sekitar Rp. 300 juta.

“Dalam proses penataannya nanti kita tentu tidak ingin dikerjakan asal jadi, tetapi diupayakan sama seperti aslinya dengan tidak mengurangi nilai sejarahnya,” terangnya.

Penataan dan rehabilitasi cagar budaya itu merupakan upaya pihaknya dalam melakukan pelestarian benda maupun bangunan bernilai sejarah. Sehingga nantinya cagar budaya ini dapat diketahui generasi muda dan sebagai pembelajaran.

“Ini juga diharapkan dapat memberikan pilihan alternatif bagi para wisatawan yang berkunjung ke KSB,” tutupnya. (bs/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here