Home Pilkada KPU Temukan Masih Banyak Masyarakat Belum Rekam E-KTP

KPU Temukan Masih Banyak Masyarakat Belum Rekam E-KTP

99
0
ilustrasi perekaman E KTP

Sumbawa Besar–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, beberapa hari belakangan melakukan monitoring ke semua Desa se Kabupaten Sumbawa, khususunya di Desa-Desa di Kecamatan Labuhan Badas.

Monitoring tersebut dalam rangka proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada tahapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ditemui di sela-sela monitoringnya di Dusun Padak, Desa Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Selasa (06/02/2018), Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat, mengatakan bahwa berdasarkan pendataan coklit oleh PPDP di tingkat TPS diketahui bahwa masih banyak penduduk di Desa Labuhan Aji dan Desa Sebotok, Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas, belum melakukan perekaman KTP Elektornik (E-KTP).

Syukri menegaskan bahwa masalah ini harus ditindaklanjuti oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Jangan sampai ini menjadi masalah di kemudian hari. Pemilih tidak bisa terdata dan ujung-ujungnya tidak bisa menggunakan hak pilih,” terangnya.

Syukri berharap kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar berpikir ekstra bagaimana caranya karena pihaknya mengingat bahwa Kadisdukcapil pernah menjanjikan akan mendatangi penduduk yang bersangkutan untuk direkam.

“Kita berharap agar hasil pendataan di lapangan oleh PPDP dapat dijadikan perhatian dan ditindaklanjuti demi validitas data pemilih. Sehingga pada saat pemilihan atau Pemilu tidak menjadi soal,” pungkas Ketua KPU Kabupaten Sumbawa. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here