Home Politik PPP Gelar LKKD Untuk Ciptakan Kader Hebat

PPP Gelar LKKD Untuk Ciptakan Kader Hebat

313
0

Sumbawa Besar–DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sumbawa, mewajibkan para bakal calegnya untuk mengikuti Latihan Kepemimpinan Kader Dasar (LKKD). LKKD tersebut dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kabupaten hingga nasional sebagai bentuk pengkaderan partai berlambang Kabah tersebut.

Berlokasi di Hotel Dewi, Sumbawa Besar, Ahad (18/02/2018), para pengurus DPC PPP Kabupaten Sumbawa mendapatkan materi penting untuk menyongsong Pileg tahun 2019 mendatang.

Turut hadir Korwil Pulau Sumbawa–Nurdin Ranggabarani, Wakil Bupati SumbawaMahmud Abdullah, Ketua DPC PPP SumbawaRusli Manawari, Wakil Ketua DPW PPP NTBKamaluddin. Juga sebagai pemateri dari KPU Kabupaten Sumbawa diwakili Sudirman dan Panwaslu Kabupaten Sumbawa diwakili Kepala SekretariatEdy Ramli.

LKKD tersebut menurut Nurdin Ranggabarani selaku Koorwil PPP Se Pulau Sumbawa, menyampaikan kepada media ini bahwa LKKD tersebut merupakan kebijakan partai secara nasional. Pengurus Cabang dan PAC baru bisa disahkan kepengurusannya apabila seluruh strukturnya sudah mengikuti LKKD.

Bagi caleg Kabupaten tegas Nurdin, baru bisa dicalonkan oleh partai apabila sudah memegang sertifikat LKKD. Demikian juga secara berjenjang di tingkat kepengurusan DPW baru bisa disahkan jika sudah LKKM (Latihan Kader Kepemimpinan Madya) dan baru bisa dicalonkan sebagai caleg Propinsi kalau sudah bersertifikat LKKM. Begitu juga di tingkat Pusat mengikuti LKKN (Latihan Kader Kepemimpinan Nasional).

“Ini sangat penting bagi para pengurus cabang maupun PAC dan ranting karena terkait dengan eksistensi mereka. Kalau mereka ada yang tidak ikut dan dalam batas waktu tidak memiliki sertifikat itu maka jajaran-jajaran itu diminta untuk diganti dengan yang pernah ikut,” ulasnya.

LKKD tersebut lanjutnya, terdiri dari 24 PAC PPP dan diikuti para bakal calon anggota Legislatif di Kabupaten Sumbawa.

Dalam LKKD ini paparnya, para peserta diberikan materi ke-PPP-an agar para kader mengetahui secara utuh apa itu PPP, kenapa dilahirkan, apa visi misi, AD-ART, tujuan dan bagaimana kader ideal PPP. Hingga fungsinya berpartai baik di luar maupun di dalam legislatif dan pemerintahan. Juga apa yang membedakan PPP dengan Parpol yang lain.

“Mereka diberikan juga materi bagaimana itu pemilu. Apa tujuan Pemilu dan selain Undang-Undang normatif. Demikian juga tentang pengawasan dan fairplay,” jelasnya.

Salah satu materi yang disampaikan Wakil Bupati Sumbawa, jelas Nurdin, menyampaikan bahwa betapa pentingnya pengkaderan, tidak hanya di parpol tapi juga di pemerintahan. Juga betapa pentingnya kegiatan tersebut karena untuk menjadi parpol atau organisasi yang hebat maka harus ada kader yang hebat dan lebih penting didukung dengan pengkaderan formal.(bs/01)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here