Home Olahraga Inilah Kiprah Setahun Pagar Nusa di Sumbawa

Inilah Kiprah Setahun Pagar Nusa di Sumbawa

296
0

Sumbawa Besar–Perguruan Silat Pagar Nusa, di Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa sudah berusia sekitar setahun.

Pagar Nusa di Sumbawa diperkenalkan oleh Luki Eko Adrianto, SH., MH., seorang Hakim di Pengadilan Negeri Sumbawa, memperkenalkan silat yang lahir dari Nahdlatul Ulama di Jawa Timur tersebut.

Selaku Pendiri Pagar Nusa di Sumbawa, Luki, menyempatkan diri berbagi informasi dengan media ini mengenai eksistensi dan keberadaan Badan Otonom NU tersebut.

Menurut bang Luki (sapaan akrapnya) bahwa Pagar Nusa di NTB baru ada di Kabupaten Sumbawa karena di tingkat NTB saja belum ada.

Hingga saat ini kata bang Luki, tercatat sebanyak 60an orang anggota aktif dan pekan ini akan meluluskan sebanyak 17 Santri menjadi warga Pagar Nusa.

“Untuk mencapai Pendekar dari Santri atau siswa mencapai 11 bulan. Tahapannya ujian kenaikan tingkat harus memiliki dasar ke-NU-an, kebangsaan, jurus atau materi Pagar Nusa. Syarat utama menjadi pendekar Pagar Nusa harus islam karena memang mengawal marwah Kyai dan NKRI Harga Mati, Kawal Kyai Sampai Mati,” papar bang Luki

Dia menegaskan bahwa sebagai Banom NU, Pagar Nusa telah di-SKan melalui SK nomor 490/PW/SK/L/XII-1985.

Dia menambahkan bahwa awalnya Pagar Nusa hanya diperkenalkan di seputar warga Pengadilan Negeri Sumbawa tapi ternyata NU mempunyai kader yang banyak di Sumbawa.

“Makanya kalau ayahnya NU maka anaknya ikut Pagar Nusa dan begitu juga dengan Banom karena menjadi pasukannya NU,” terangnya.

Pagar Nusa sambungnya, juga pernah menghadiri undangan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbawa dan juga terlibat di kegiatan lain, tapi untuk ikuti ajang pertandingan belum fokus ke sana karena masih fokus ke pembentukan dan penggalangan massa.

Latihan Silat Pagar Nusa di Lapangan Tenis Pengadilan Negeri Sumbawa.

“Beberapa event NU kita ngawal kegiatan NU, kita juga aktif dalam amar ma’ruf nahi mungkar. Ada dzikir bersama di malam Selasa di Mushollah Al Hakim PN Sumbawa,” tambah Hakim Pengadian Negeri Sumbawa tersebut

Harapan Pagar Nusa timpalnya, ketika pertama hadir di Sumbawa agar bisa diterima sebagai Banom NU. Ikut berpartisipasi demi kemajuan Sumbawa baik di prestasi atlet juga kegiatan sosial. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here