Home Militer Suara Tembakan Berkali-Kali Terdengar di Markas Yonif 742 SWY di Gebang

Suara Tembakan Berkali-Kali Terdengar di Markas Yonif 742 SWY di Gebang

57
0

Mataram–Suasana markas Batalyon Infanteri (Yonif) 742 Satya Wira Yudha, ¬†Gebang Mataram, tidak seperti biasanya. Sejak Selasa (12/11/2018), berkali-kali terdengar suara tembakan.

Suara tembakan tersebut lumayan keras dan menyedot perhatian warga di sekitar. Meski begitu, keamanan dan ketertiban di sekitar lokasi suara tembakan tidak terganggu.

Ternyata, menurut keterangan yang diperoleh dari Kepala Penerangan Korem 162 Wira Bhakti–Mayor Inf. Dahlan, bahwa suara tembakan tersebut berasal dari senjata milik anggota TNI yang sedang melaksanakan program latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) bagi satuan kewilayahan dilaksanakan setiap triwulan.

“Sejak kemarin, Selasa (13/11/2018) selama 3 hari hingga Kamis ini Korem menggelar latihan menembak di lapangan tembak Batayon Infanteri 742/SWY, Gebang Mataram,” jelas Dahlan.

Latihan ini jelasnya bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak dengan peluru tajam yang sudah disiapkan oleh penyelenggara latihan.

“Jumlah personel dihadapkan dengan banyaknya kegiatan jadi pelaksanaan latihan dibagi menjadi beberapa gelombang sehingga semuanya harus melaksanakan latihan,” kata Dahlan.

Dia memaparkan, bahwa sesuai dengan ketentuan dalam direktif latihan, diharapkan seluruh prajurit dapat memanfaatkan latihan ini dengan sebaik-baiknya.

Sehingga kemampuan dapat terpelihara bahkan ditingkatkan walau dengan keterbatasan munisi latihan hal itu bukan kendala, justeru menjadi pemacu untuk latihan lebih baik serta dapat mencapai hasil maksimal

Seluruh satuan jajaran Korem akan menggelar latihan menembak dengan jadwal yang berbeda sesuai dengan rencana yang telah disusun masing masing satuan.

“Harapannya, seluruh program dapat dilaksanakan tepat waktu. Untuk itu, pelaksanaan kegiatan dikoordinasikan antar staf guna menghindari tabrakan waktu pelaksanaan,” paparnya.

Dalam latihan tersebut tegas Kapenrem 162 Wira Bhakti bahwa yang harus selalu diperhatikan dalam setiap pelaksanaan latihan adalah faktor keamanan.

Hal itu selalu ditekankan kepada seluruh personil pendukung maupun peserta latihan, baik sebelum, saat latihan maupun setelah latihan karena keberhasilan penyelenggaraan latihan salah satu ukurannya adalah faktor keamanan. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here