Home Olahraga Ujian Kenaikan Tingkat, Pagar Nusa Tumbuh Subur di Tana Samawa

Ujian Kenaikan Tingkat, Pagar Nusa Tumbuh Subur di Tana Samawa

286
0

Sumbawa Besar–Perguruan Silat Nadhlatul Ulama, Pagar Nusa, di Tana Samawa (Kabupaten Sumbawa), NTB, kini berusia 1 setengah tahun.

Di usianya yang masih belia ini, Pagar Nusa yang menjadi bela diri khas NU telah mampu merekrut Santri hingga menjadi warga.
Ahad (26/01/2019), Pagar Nusa Sumbawa melaksanakan ujian kenaikan tingkat (UKT) angkatan kedua, di Pantai Ai Lemak, Kelurahan Brang Biji, Kecamatan Sumbawa.

Pendiri Pagar Nusa di Sumbawa, Luki Eko Adrianto, SH., mengatakan bahwa UKT Pagar Nusa merupakan sebuah keharusan seperti Wisuda dari Santri menjadi warga Pagar Nusa.
Materi UKT antara lain mulai ke-NU-an, kebangsaan, bahkan mental dan fisik yang telah digembleng selama 8 bulan dites di dalam UKT.

Luki menyampaikan sejauh ini sebanyak 21 orang Santri yang menjadi warga, kemudian Santri 1 polos ke 1 kecil ada 30 an orang.
“Di dalam UKT yang paling penting menumbuhkan dan menyadarkan bahwa dirinya NU, karena selama ini memang rutinitas budaya mereka memang NU tapi mereka gak tau,” tegas Hakim di Pengadilan Negeri Sumbawa tersebut.

 

Dia menambahkan, bahwa kemudian nilai kebangsaan merupakan aspek yang harus ditanamkan dari dasar agar tidak terpengaruh dari paham yang aneh-aneh di Indonesiaa saat ini.

“Setelah UKT para santri menjadi warga tinggal memperdalam ilmu ke tingkat selanjutnya yakni kerohanian/batin melalui dzikiran,” imbuhnya.

Harapan ke depan sebagai Banom NU harus bersinergi dengan induk dan Banom lain karena ke depan tantangan negeri kita semakin berat.

Paham radikal yang ada luar biasa, entah itu dari kiri atau pun paham radikal lainnya.
Dengan UKT kedua yang dilaksanakan bertepatan dengan Harlah Muslimah NU ke 73 tersebut, maka ada 43 orang menjadi warga Pagar Nusa di Sumbawa.

“Ke depan akan memasuki pondok pesantren dan fokus ke basis NU dan NW,” tambahnya. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here