Home Olahraga Arena Pacuan Kuda Ano Rawi Resmi Dibuka

Arena Pacuan Kuda Ano Rawi Resmi Dibuka

223
0

Sumbawa Besar–Masyarakat di Ano Rawi atau bagian barat Sumbawa kini telah memiliki arena pacuan kuda yang secara resmi dibuka pada Minggu (03/02/2019).

Berlokasi di Desa Labuhan Burung, Kecamatan Buer, Sumbawa, peresmian arena pacuan kuda yang dalam bahasa Samawa disebut Kerato tersebut secara langsung oleh Ketua Pordasi Sumbawa–Ridwan.

Peresmian Kerato tersebut sekaligus menjadi moment pengukuhan pengurus Pordasi.

Di hadapan para pengurus dan undangan yang menghadiri, Ketua Panitia–Rusdi Darmawansyah, menerangkan bahwa rencana pembuatan arena pacuan kuda ini telah lama, namun masih terbentur dengan beberapa hal.

Berdasarkan koordinasi dengan Pordasi Kabupaten dan Provinsi, kata Rusdi, cikal bakal terbentuknya arena ini dapat mempermudah akses para pecinta kuda pacuan yang ada di wilayah barat, dengan lintasan pacu sepanjang 750 meter.

“Pembangunan arena pacuan kuda yg ada di Kecamatan Buer ini berkat sumbangsih dari para pecinta kuda yang ada di wilayah Barat antara lain Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer, Utan dan Rhee,” sebut Rusdi.

Dia menegaskan, bahwa nama Kerato ini sesuai dengan lokasinya yang berada di wilayah barat Sumbawa yakni Kerato Ano Rawi.

Kapolsek Buer–Iptu Awaluddin, mewakili Kapolres Sumbawa, menyampaikan harapan kepada para pecinta kuda dan masyarakat pengemar kuda pacuan agar kegiatan ini bisa menjadi motivasi dalam mengembangkan potensi ternak kuda yang ada di wilayah Ano Rawi.

Bahkan mampu menjadi daya tarik pariwisata dan memajukan olahraga berkuda untuk event yang lebih tinggi.

“Diharapkan kepada semua pihak agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya pada event pacuan kuda saja, namun di segala turnamen yang ada,” ungkap Awaluddin.

Ketua Pordasi Kabupaten Sumbawa, Ridwan, mengatakan, apa yang dihajadkan oleh masyarakat pecinta kuda pacuan khususnya di wilayah Sumbawa bagian barat berjalan sesuai dengan harapan.

“Mereka telah memiliki arena tersendiri serta lokasi yang strategis meski ke depan masih perlu sentuhan,” kata Ridwan.

Ridwan menambahkan bagi para pengurus Pordasi yang baru dikukuhkan agar mampu memberi kontribusi untuk kemajuan olah raga berkuda di Kabupaten Sumbawa. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here