Home Ekonomi Bapenda Fasilitasi Aspirasi Pedagang Pasar Seketeng Untuk Relokasi

Bapenda Fasilitasi Aspirasi Pedagang Pasar Seketeng Untuk Relokasi

45
0

Sumbawa Besar—Adanya polemik di media social mengenai relokasi darurat para pedagang pasar Seketeng ke Stadion Pragas mendapat tanggapan dari Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) selaku pengelola pasar.

Kepala Bapenda Kabupaten Sumbawa—Wirawan, kepada media ini, menyampaikan bahwa ketika terjadi kebakaran di Pasar Seketeng pihaknya langsung mencari cara untuk merelokasi para pedagang ke lokasi yang tidak jauh dari pasar.

Setelah mendengar aspirasi para pedagang, akhirnya disepakati untuk pindah sementara (darurat) ke Stadion Pragas yang memang merupakan usulan dari para pedagang. Namun setelah beberapa hari di dalam Pragas, ternyata para pedagang kembali ingin pindah karena merasa tidak nyaman hingga kurang yang datang belanja.

Sehingga sejak Kamis (31/01/2019), para pedagang kembali ke sekitar Pasar Seketeng terutama di jalan Gurami dan dr. Cipto.

“Harus kita maknai bahwa tempat pedagang berdagang adalah tempat sementara atau pengungsian. Atas aspirasi pedagang mereka ingin di stadion dan pemerintah sudah memenuhi. Namun harus kita pahami bahwa stadion itu tidak layak dan harus kita pahami bahayanya mereka memenuhi jalan yang melingkari stadion tapi kan ruasnya kecil, bahkan di pintu pagar masyarakat,” sebutnya.

Akhirnya jelas Wirawan, Bapenda dibantuk Kepolisian kembali memfasilitasi para pedagang kembali ke lokasi di sekitar jalan Gurami dan dr Cipto. Kembali menunggu rampungnya lokasi yang tepat di Taman Kerato.

Menurutnya, masyarakat di sekitar Taman Kerato, di Desa Uma Beringin pun menyambut baik relokasi pedagang pasar ke lingkungan mereka. Sehingga diperkirakan seminggu ke depan pasar relokasi sudah rampung, para pedagang akan diatur dan akan berdagang selama setahun di Taman Kerato sambil menunggu selesainya pembangunan pasar Seketeng. (bs/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here