Home Pemerintahan Masyarakat KSB Harus Sukseskan STBM

Masyarakat KSB Harus Sukseskan STBM

56
0

Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M mengajak masyarakat KSB untuk mensukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Ajakan Bupati ini disuarakan saat melaksanakan gotong royong di bantaran sungai di Kelurahan Sampir, Kecamatan Taliwang dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa pagi (26/02/19).

Turut hadir dalam gotong royong yang dilaksanakan hingga di bantaran sungai Lingkungan Temempang, Kelurahan Bugis ini, Wakil Bupati Fud Syaifuddin, ST, Kapolres Sumbawa Barat, Kepala OPD, ASN, Agen Gotong Royong serta siswa siswi sekolah dasar.

Dikatakan Bupati, gotong royong peduli sampah adalah gerakan nasional menuju Indonesia bersih dan sehat. Gotong royong hari ini hanya menyentuh sektor persampahan. Tanggal 17 Februari lalu, Pemerintah Daerah telah melaunching program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Ada lima pilar STBM, pertama tuntas buang air besar sembarangan/ODF. Kedua, cuci tangan pakai sabun. Ketiga, Pengelolaan air-minum rumah tangga. Keempat, pengelolaan sampah rumah tangga dan kelima pengelolaan limbah cair rumah tangga.

” Alhamdullilah pilar pertama kita sudah tuntas, KSB adalah 1 dari 13 Kabupaten/Kota di Indonesia yang sudah ODF dan pertama di NTB, itu yang berat, empat pilar lainnya enteng-enteng saja,” jelas Bupati.

Tugas masyarakat selanjutnya menuntaskan empat pilar berikutnya, terutama pilar keempat dan kelima. Kelola limbah cair dengan membuatkan sumur resapan, sehingga tidak dibuang ke selokan. Kemudian membuang sampah pada tempatnya.

Peran ibu-ibu sangat besar mensukseskan STBM dibantu juga bapak-bapak, karena pilar STBM merupakan pekerjaan ibu-ibu sehari-hari. Tanamkan dan biasakan anak-anak untuk berperilaku hidup sehat.

” Hari Peduli Sampah Nasional ini adalah titik awal menyelenggarakan STBM dengan mengelola sampah untuk membersihkan lingkungan. Saya mengimbau warga yang tinggal di bantaran kali agar tidak membuang sampah di kali,” imbuh Bupati.

Usai bergotong royong di Kelurahan Sampir, Bupati, Wakil Bupati dan pejabat lainnya melanjutkan kegiatan ke Lingkungan Temempang, Kelurahan Bugis. Selain meninjau pelaksanaan gotong royong, Bupati dan Wakil Bupati meninjau pembangunan rumah korban gempa bumi. (bs/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here