Home Ekonomi Fraksi PAN KSB Soroti Kecelakaan Tambang

Fraksi PAN KSB Soroti Kecelakaan Tambang

198
0

Sumbawa Barat-Kecelakaan kerja yang terjadi beberapa waktu lalu di areal tambang Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMT) Batu Hijau Kabupaten Sumbawa Barat yang mengakibatkan satu orang karyawan meninggal dunia.

Dari kejadian tersebut, ketua fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Muhammad Hatta yang juga sebagai anggota komisi I DPRD Sumbawa Barat,menyoroti insiden ini, saat di konfirmasi jum’at (29/03/2019) via telpon mengatakan. saat ini DPRD KSB tengah menunggu hasil olah TKP serta proses hukum yang sedang dilakukan oleh Kepolisian KSB terkait kasus kecelakaan kerja yang menyebabkan salah seorang karyawan meninggal dunia yang terjadi dilokasi tambang AMNT.

Lebih lanjut hatta mengatakan, DPRD KSB meminta agar Polres Sumbawa Barat dapat membuka atau memberitahukan kepada DPRD KSB dan publik secara terbuka dan transparan, sudah sejauh mana hasil penyelidikan terkait kasus yang terjadi dilokasi tambang AMNT yang telah menelan korban tersebut.

Hatta juga membandingkan keselamatan kerja, semasa pengelolaan PT MNT selaku perusahaan sebelumnya yang mengelola tidak pernah ada kejadian seperti ini, lantas kenapa saat ini hal semacam ini bisa terjadi setelah perpindahan manajement diganti dengan PT AMNT bisa terjadi kecelakaan yang mengakibatkan nyawa karyawan melayang dilokasi kerja.

“Pihak perusahaan harus bertanggung Jawab penuh atas kejadian ini, Apakah ini murni kelalaian perusahaan atau kesalahan korban itu sendiri,”ujar hatta.

Hatta juga mengatakan, Komisi 1 DPRD KSB telah menyampaikan seusai rapat paripurna agar dapat meluangkan waktu untuk memanggil pihak perusahaan supaya dapat dimintai keterangan atau klarifikasi bagaimana proses dan kejadian kenapa hal ini bisa terjadi sampai pekerja menjadi korban.

Ketua farkasi PAN ini juga mendesak Disnaker Kabupaten KSB dan Provinsi bahkan kementrian terkait untuk turun langsung kelapangan melihat kondisi dilapangan saat ini pasca kejadian kecelakaan kerja dan pergantian manajement.

Dari insiden ini, ia juga berhapar kepada pihak perusahan agar lebih mengedepankan safety bagi para karyawan khususnya bagi yang bertugas dibidang-bidang rentan terjadinya kecelakaan,bila perlu diuji lagi aturan keselamatan kerja sejauh mana safety yang sudah diterapkan saat ini oleh pihak AMNT agar tidak terjadi kembali hal serupa di tambang.

Atas kejadian ini, Muhammad Hatta beserta jajaran Anggota DPRD KSB turut berduka dan berbelasungkawa, semoga ini adalah kejadian yang pertama dan terakhir terjadi pada pekerja di AMNT dan pihak perusahaan dapat memperbaiki manajement demi keselamatan karyawannya. (bs/Sf/Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here