Home Politik Inilah Hasil Reses Anggota DPRD Sumbawa 2019

Inilah Hasil Reses Anggota DPRD Sumbawa 2019

212
0

Sumbawa Besar-DPRD Kabupaten Sumbawa, Selasa (12/03/2019) menggelar sidang Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Reses I Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa, khususnya Daerah Pemilihan I (satu) Kabupaten Sumbawa, yang meliputi 3 (tiga) kecamatan yakni: Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Moyo Utara dan Kecamatan Moyo Hilir. Adapun Reses I ini telah dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan tanggal 26 Februari 2019.

Sidang dipimpin oleh Ketua Arahman Alamudy beserta unsur pimpinan lainnya.

Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses Anggota DPRD merupakan Kewajiban Konstitusional Anggota DPRD sebagai wujud nyata dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, sebab semua masukan dan harapan yang disampaikan masyarakat akan dituangkan dalam penyusunan Pokok Pokok Pikiran DPRD sebagai bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Berdasarkan Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa di Dapil I, kami harapkan semua aspirasi masyarakat sebagai salah satu bagian dalam penyusunan RKPD, dapat ditampung dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Selanjutnya berikut disampaikan beberapa aspirasi yang kami serap dari masyarakat untuk direspon dan menjadi perhatian kita bersama, adapun aspirasi tersebut dapat kami jabarkan ke dalam pengelompokan 3 (tiga) bidang, yakni meliputi :

1. Bidang Fisik
Meliputi : Perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong penahan tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata, termasuk juga pembangunan dan peningkatan jalan dari simpang jalan Desa Olat Rawa menuju Dusun Nanga Lidam.

2. Bidang Ekonomi
Meliputi : Pengadaan alat pertanian, perikanan, bibit ternak, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan/pembinaan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

3. Pedidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan
Meliputi : Pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renopasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu.

Demikian Laporan Hasil Reses I Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dapil I (satu) Kabupaten Sumbawa dengan harapan, kiranya dapat diperhatikan untuk dapat diakomodir dalam rangkaian penyusunan APBD tahun berjalan dan tahun rencana.

ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN SUMBAWA
DAPIL I KABUPATEN SUMBAWA

1. Muhammad Yamin, SE., M.Si.
2. Kamaluddin, ST., M.Si.
3. Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si.
4. Andi Rusni, SE.
5. Hairil H.M. Ali
6. H. Hafied Awad, BA.
7. Khaeruddin, SE.
8. Ramliyanto, SH.
9. Adizul Syahabuddin, SP., M.Si

Kegiatan Reses Anggota DPRD Kabupaten Dapil 2 (Dua) Sumbawa digelar, dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa sebagaimana yang diamanatkan dalam Tata Tertib DPRD Kabupaten Sumbawa.

Secara umum reses Anggota DPRD di Dapil 2 (Dua) Kabupaten Sumbawa, sebagian besar aspirasi masyarakat lebih mengarah kepada bentuk fisik, karena dinilai manfaatnya dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pembuatan jalan, jembatan, pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) serta dalam bentuk lainnya.

Cakupan ruang lingkup reses yang dilaksanakan di Dapil 2 Kabupaten Sumbawa meliputi 8 kecamatan, yakni Kemacatan Lape, Kemacatan Lopok, Kemacatan Lantung, Kemacatan Ropang, Kemacatan Lenangguar, Kemacatan Lunyuk, Kemacatan Orong Telu dan Kecamatan Moyo Hulu.

Reses yang berlangsung di Dapil 2 Kabupaten Sumbawa, digelar di beberapa tempat sesuai dengan kepentingan aspirasi dari masing-masing konstituen Anggota DPRD, yang dilaksanakan di tempat-tempat umum, yang berlangsung selama 6 hari untuk masing-masing Anggota DPRD, yang dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan seluruh komponen masyarakat, mulai dari perwakilan organisasi masyarakat, organisasi pemuda, organisasi wanita, organisasi keagamaan, serta komponen masyarakat lainnya.

Adapun beberapa Hasil Reses I yang dilaksanakan di Dapil 2 Kabupaten Sumbawa yang telah dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) bidang, yakni meliputi :

1. Bidang Fisik
Meliputi : Perbaikan jalan utama, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, peningkatan jalan, pemasangan paving blok, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, pembuatan sumur bor, saluran drainase, saluran irigasi dan cekdam, pembangunan Bak Penampungan Air, normalisasi sungai, pembangunan tembok pagar dan lokal sekolah, pembangunan tempat ibadah, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, bedah rumah, pemagaran puskesmas dan pemagaran keliling makam, serta pembangunan gedung dan sarana prasarana olahraga.

2. Bidang Ekonomi
Meliputi : Pengadaan alat pertanian, pengadaan ternak, pengadaan mesin Bud dan jaring ikan untuk nelayan, pengadaan benih berkualitas, pupuk bersubsidi, pengadaan terop dan kursi bagi kelompok masyarakat, pembangunan jaringan listrik dan pembangunan jaringan telekomunikasi, memberikan pelatihan dan bantuan modal usaha bagi kelompok masyarakat, memberikan pelatihan dan bantuan alat bengkel, bantuan peralatan atau sarana dan prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM), penambahan armada pengangkut sampah di tiap-tiap kecamatan dan lain sebagainya.

3. Pedidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan
Meliputi : Pemberian dan penambahan fasilitas ibadah, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu. Pemberian penanganan khusus bagi penyandang cacat dan orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Pemberian bantuan dana untuk pengembangan lembaga baik lembaga pendidikan maupun lembaga sosial, yayasan, dan sekolah negeri maupun swasta serta pembebasan lahan untuk tanah makam dan pembangunan rumah dinas guru di daerah terpencil.

Jika dilihat dan dicermati Hasil Reses I di desa dan kecamatan sasaran, dapat disampaikan bahwa masih terdapat banyak persoalan yang perlu disikapi secara bersama-sama baik oleh Pemerintah Daerah sebagai leading sektor maupun oleh DPRD sebagai lembaga kontrolnya. Pemerintah Daerah secara bersama-sama dengan DPRD harus memiliki kesepahaman dan harapan yang sama dalam membangun daerah, sehingga dapat mewujudkan Sumbawa Hebat dan Bermartabat.

Demikian Hasil Reses I Dapil 2 ini, agar dapat dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi dan sumber informasi awal dalam merencanakan pembangunan daerah di masa yang akan datang.

ANGGOTA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUMBAWA
DAERAH PEMILIHAN 2 (DUA)

1. H. A. Rahman HMS, S.Pd. (Fraksi PPP)
2. Ahmadul Kusasi, SH. (Fraksi Partai Golkar)
3. Akhmad Junaidi (Fraksi Partai Hanura)
4. H. Zulkarnaen (Fraksi Partai Nasdem)
5. H. Mustajabuddin, S.Sos. (Fraksi PAN)
6. Edy Syarifuddin (Fraksi Partai Nasdem)
7. Salamuddin Maula (Fraksi Bintang Keadilan)
8. Saripudin, S.Pd. (Fraksi Partai Gerindra)
9. Muhammad
10. Yasin Musammah, S.AP. (Fraksi Partai Demokrat)
11. I Nyoman Wisma (Fraksi PDI-Perjuangan)

Laporan Hasil Reses I DPRD Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 Daerah Pemilihan 3 (tiga) Kabupaten Sumbawa.

Pelaksanaan Reses merupakan kewajiban bagi semua Anggota DPRD sesuai dengan ketentuan Pasal 391 ayat (3) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, dan ketentuan Pasal 87 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta ketentuan Pasal 94 ayat (3) Peraturan DPRD Kabupaten Sumbawa Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD.

Selain itu, pelaksanaan reses dihajatkan agar dapat menyerap, menampung dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di dearah pemilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan di daerah.

Pelaksanaan reses ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat termasuk di dalamnya tokoh masyarakat dan tokoh organisasi kemasyarakatan.

Adapun beberapa Hasil Reses I yang dilaksanakan di Dapil 3 (tiga) Kabupaten Sumbawa, dibagi ke dalam pengelompokan tiga bidang, yakni meliputi :

1. BIDANG FISIK
Meliputi : Perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan dan rehab sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, pemasangan paving blok, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, dan pemagaran makam.

2. BIDANG EKONOMI
Meliputi : Pengadaan alat pertanian, perikanan, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

3. PEDIDIKAN, SOSIAL BUDAYA DAN KESEHATAN
Meliputi : Pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renopasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu.

Demikian Laporan Hasil Reses I DPRD Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 untuk Daerah Pemilihan 3 (tiga) Kabupaten Sumbawa.

ANGGOTA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUMBAWA
DAERAH PEMILIHAN 3 (TIGA)

1. H. Nurdin Marjuni, SH. (Fraksi Partai Golkar)
2. Indra Herwansyah (Fraksi PDI-Perjuangan)
3. Muhammad Nur, S.Pd.I. (Fraksi PPP)
4. Hasanuddin, SE (Fraksi NasDem)
5. A. Rahman Atta, S.Ag., MM. (Fraksi PAN)
6. Rosihan, SE. (Fraksi Bintang Keadilan)
7. Budi Kurniawan, ST. (Fraksi Demokrat)
8. Muhammad Faesal, S.AP. (Fraksi Gerindra)
9. Hasanuddin, SE. (Fraksi Hanura)

Laporan Hasil Reses I di Dapil 4 (Empat) Kabupaten Sumbawa.

Pelaksanaan reses merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu dengan konstituen dan masyarakat dan produktivitas anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, dengan melaksanakan pertemuan, dialog, tatap muka dan kunjungan ke lapangan dengan pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat untuk menjaring aspirasi masyarakat pada reses yang diharapkan dapat memperolah masukan dan informasi dari masyarakat dalam rangka menyempurnakan fungsi kerja legislator sehingga nantinya dapat mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balance antara DPRD dengan pemerintah.

Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Daerah Pemilihan 4 (Empat) yang meliputi 5 (lima) kecamatan, yakni Kecamatan Rhee, Utan, Buer, Alas, dan Alas Barat. Pengaturan tempat pelaksanaan reses seperti balai pertemuan, panggung/gedung serba guna, lapangan sepak bola, dan tempat-tempat umum lainnya yang disepakati dengan warga atau konstituen yang dilakukan secara tatap muka dan dialogis. Reses I ini dikuti oleh seluruh komponen masyarakat.

Dasar Pelaksanaan Reses
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2104 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota;
Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Nomor 6 Tahun 2015 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah; dan
Peraturan DPRD Kabupaten Sumbawa Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa.

Tujuan Reses
Mensosialisasikan APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019 kepada masyarakat;
Mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi DPRD kepada masyarakat;
Mendorong parsitipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah;
Sebagai media bagi Anggota DPRD untuk menyerap, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat di Daerah Pemilihannya;
Sebagai bentuk pertanggungjawaban moral dan politis Anggota DPRD kepada masyarakat di Daerah Pemilihannya; dan
Mendekatkan pelayanan Anggota DPRD kepada masyarakat sehingga mengetahui secara riel permasalahan dan kebutuhan di tengah masyarakat.

Hambatan Dalam Pelaksanaan Reses
Reses yang telah digelar tersebut tentunya tidak berjalan seperti yang diharapkan karena keterbatasan waktu pelaksanaan reses bila dibandingkan dengan luas wilayah daerah pemilihan. Mengacu pada hal tersebut, masih terdapat banyak persoalan yang perlu disikapi secara bersama-sama baik oleh eksekutif sebagai leading sektornya maupun legislatif sebagai lembaga kontrol.

Hasil Penyerapan Aspirasi Masyarakat
Untuk diketahui bersama dari Kegiatan Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa di Daerah Pemilihan 4 (Empat), berbagai kebutuhan dasar masyarakat seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta pola pelayanan pemerintah mengemuka untuk diperbaiki serta dituntaskan melalui program di tahun-tahun mendatang. Secara garis besar dapat kami sampaikan Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil IV yang dibagi dalam tiga bidang, sebagai berikut :

1. Bidang Fisik
Meliputi :
Pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, paving blok, drainase, bendungan, chek dam, saluran irigasi, jalan usaha tani, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata;
Normalisasi sungai, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, jaringan irigasi, pembangunan sumor bor dan sarana air bersih;
Pembangunan dan perbaikan sarana prasarana pendidikan, sarana ibadah, dan sarana prasarana kesehatan; dan
Pembangunan jaringan listrik dan pemasangan lampu jalan.

2. Bidang Ekonomi
Meliputi :
Penguatan Lembaga UMKM seperti pemberian pelatihan dan pemberian alat pembuatan kue, rombong, alat salon, mesin jahit, alat bengkel dan perlindungan pedagang retail dari persaingan usaha tidak sehat;
Pengembangan bidang peternakan, pertanian, perikanan dan kelautan guna mendukung penguatan kelembagaan kelompok tani, kelompok ternak seperti pengadaan bibit unggul, pengadaan alsintan, pupuk, pengadaan alat ketinting, rumpon dan kerambah bagi para nelayan; dan
Pemerintah Daerah diharapkan turut mengontrol harga kebutuhan pokok yang sering mengalami kenaikan harga terutama menjelang perayaan hari-hari besar, sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut.

3. Bidang Kesehatan,Sosial dan Budaya
Meliputi :
Pemetaan daerah rawan bencana guna meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan;
Penambahan alat kesehatan untuk pukesmas dan postu;
Penguatan kegiatan keagamaan, adat dan budaya Samawa karena bagian dari kearifan lokal; dan
Pemberdayaan dan pengembangan potensi wisata dan situs cagar budaya.

Demikian Laporan Reses I ini kami sampaikan untuk dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi dan sumber informasi awal dalam merencanakan kegiatan pembangunan di masa yang akan.

ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN SUMBAWA
Dapil 4 (Empat) Kabupaten Sumbawa

1. H. Lalu Budi Suryata, SP. (Fraksi PDI-Perjuangan)
2. Abdul Rafiq (Fraksi PDI-Perjuangan)
3. H. Abdul Hakim, SE. (Fraksi Partai Golkar)
4. M. Berlian Rayes, S.Ag. (Fraksi Partai Golkar)
5. Cecep Lisbano, S.IP., M.Si. (Fraksi Partai Hanura)
6. Ismail M, SH. (Fraksi PPP)
7. H. Salman Al-Farisi, SH. (Fraksi PAN)
8. Basaruddin, S.AP. (Fraksi Partai Demokrat)
9. Ir. H. Syamsul Nurdin (Fraksi Partai Gerindra)
10. Muhammad Saad, S.AP. (Fraksi Partai Hanura)
11. Bunardi (Fraksi Partai NasDem)

Laporan Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa pada Daerah Pemilihan 5 (lima) Kabupaten Sumbawa yang meliputi Kecamatan Labuhan Badas, Kecamatan Batu Lanteh dan Kecamatan Unter Iwes yang dilaksanakan pada tanggal 20–26 Februari 2019.

Hasil Reses I Masa Sidang Kesatu Tahun Sidang 2019 dapat disampaikan pokok-pokok penting agar dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sumbawa tahun berjalan dan tahun rencana.

Pelaksanaan reses merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu dengan konstituen dan masyarakat dan produktivitas anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, dengan melaksanakan pertemuan, dialog, tatap muka dan kunjungan ke lapangan dengan pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat untuk menjaring aspirasi masyarakat pada Reses I yang diharapkan dapat memperolah masukan dan informasi dari masyarakat dalam rangka menyempurnakan fungsi kerja legislator sehingga nantinya dapat mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balance antara DPRD dengan Pemerintah Daerah.

Berdasarkan Hasil Reses I, kebutuhan desa maupun kebutuhan wilayah masing-masing daerah pemilihan memiliki kesamaan baik di bidang fisik, sosial budaya, pariwisata, dan ekonomi.

Secara garis besar kami menyampaikan Hasil Reses Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil 5 yakni :

1. Bidang Fisik :
Pembangunan dan perbaikan prasarana jembatan, drainase, pengamanan tebing turap/talud/bronjong pengaman tebing;
Pembangunan infrastruktur jalan di masing-masing kecamatan dan desa, termasuk jalan lingkungan baik produk lapen ataupun rabat beton serta paving blok;
Pembangunan Jalan Usaha Tani dan Saluran Irigasi Pertanian guna menunjang kebutuhan para petani;
Perbaikan prasarana pendidikan pada masing-masing tingkatan dari TK/PAUD sampai SMP baik kebutuhan pembangunan lokal baru maupun rehab gedung guna menunjang proses belanja siswa;
Pembangunan dan perbaikan prasarana kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat;
Penyediaan alat bermain dan komputer serta laptop untuk menunjang kegiatan ujian nasional berbasis komputer;
Penyediaan sumber air bersih untuk kebutuhan harian masyarakat maupun penyedian sumber air untuk kebutuhan pertanian petani serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang pertanian lainnya;
Pembangunan dan perbaikan rumah ibadah baik masjid maupun mushollah serta pura ataupun tempat ibadah lainnya guna kenyamanan dalam menjalankan ibadah.

2. Bidang Sosial, Budaya dan Pariwisata:
Pengadaan sarana dan prasarana untuk kelompok PKK di Desa;
Pengadaan kursi dan terop untuk kegiatan sosial serta keagamaan masyarakat; dan
Pemasangan batu/pengaman pantai serta pembenahan Desa wisata sebagai destinasi andalan Kabupaten Sumbawa.

3. Bidang Ekonomi :
Pengadaan Alsintan menjadi kebutuhan prioritas petani begitu juga dengan mesin ketinting dan rumpon serta sampan fiber bagi para nelayan;
Pengadaan rombong bagi pedagang kecil dipinggir jalan serta perlindungan usaha pedagang retail eceran dari gempuran hegemoni atau monopoli toko modern berjejaring; dan
Pengadaan alat pertukangan dan perbengkelan guna menggerakkan lokomotif ekonomi di desa.

Demikian hal-hal yang dapat kami sajikan sebagai bentuk kebutuhan masyarakat yang terserap dalam Reses I yang dilaksanakan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Daerah Pemilihan 5 (lima).

ANGGOTA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUMBAWA DAERAH PEMILIHAN 5 (LIMA) KABUPATEN SUMBAWA

1. DR. Drs. A Rahman Alamudy, SH, M.Si.
2. Ida Rahayu, S.AP.
3. Junaidi
4. Hamzah Abdullah
5. Rusli Manawari
6. H. Ardi Juliansyah, S.IP.(bs/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here