Home Pemilu KPU Sumbawa Rekrut KPPS

KPU Sumbawa Rekrut KPPS

159
0

Sumbawa Besar–Dalam menghadapi pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa mulai melakukan perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa melalui Kadiv SDM Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi, Muhammad Ali S.IP., yang ditemui usai Rapat Kerja dan Rakor Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilu Tahun 2019 Bersama PPK dan PPS, Rabu (06/03/2019) di Aula Hotel Sernu Sumbawa, mengatakan bahwa, perekrutan anggota KPPS dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ali menerangkan, sebagai penyelenggara, KPU menerapkan ketentuan asas transparansi. Jadi, jabatan KPPS itu milik semua orang bagi yang mampu.

Mampu maksudnya adalah bisa membaca, menulis dan berhitung disamping usianya 17 tahun serta memiliki ijasah SMA atau Sederajat. Namun dalam kondisi dan keadaan tertentu ijasah itu tidak diharuskan, bahkan dalam aturan PKPU No. 3 Tahun 2018 yang mengatur tentang Disabilitas, bahwa penyandang Disabilitaspun bisa menjadi anggota KPPS.

Jadi, secara garis besar wewenang dalam perekrutan KPPS bukan wewenang KPU melainkan kewenangan PPS sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan PKPU No. 3 Tahun 2018 bahwa KPPS itu kepanjangan tangan dari KPU sebab dalam SK KPPS tertulis atas nama KPU.

  1. Dalam rekrutmen yang dilakukan oleh PPS, jelas Muhammad Ali, KPU hanya dapat memberikan masukan-masukan lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagaimana yang telah dilakukan agar perekrutan KPPS harus dilalui melalui tahapan-tahapan, seperti tahap pendaftaran, tahap pemeriksaan administrasi dan tahapan wawancara agar anggota KPPS yang dipilih dapat tersaring dengan baik dan benar sesuai prosedur bukan asal main tunjuk tanpa melalui tahap-tahap yang diamanatkan Undang-undang agar Pemilu Jujur, Adil, Aman dan Damai dapat terlaksana seperti yang kita harapkan bersama. (bs/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here