Home Pemilu Lapas Gaet KPU dan Disdukcapil Pastikan Pemilih di Lapas Bisa Gunakan Hak...

Lapas Gaet KPU dan Disdukcapil Pastikan Pemilih di Lapas Bisa Gunakan Hak Pilih

74
0

Sumbawa Besar- KPU Kabupaten Sumbawa, Selasa (19/03/2019) bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendatangi Lembaga Permasyarakatan Kabupaten Sumbawa untuk mendata warga binaan dan tahanan yang ada di Lapas Sumbawa.

Pendataan tersebut sebagai bentuk pelayanan bagi warga binaan di Lapas kelas 2A Sumbawa, oleh KPU dan Disdukcapil setempat.

Kadiv Perencanaan, Data dan Logistik, KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Kaniti mengatakan, kedatangan KPU dan Disdukcapil ke Lapas Sumbawa adalah untuk memastikan bahwa warga binaan dan Tahanan yang ada di Lapas telah melakukan perekaman serta memiliki E-KTP atau belum, agar nanti warga binaan yang ingin memilih dapat memberikan hak pilihnya pada 17 April 2019.

“Karena E-KTP harus dibawa dan diperlihatkan ke KPPS saat ke TPS,” sebutnya.

Sebelumnya terang Kaniti, KPU Kabupaten Sumbawa telah mengirimkan sebanyak 184 nama ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk diverifikasi ulang, supaya KPU dapat memastikan apakah dari nama-nama tersebut ada warga binaan yang belum memiliki E-KTP maupun yang telah bebas.

“Bagi warga binaan yang telah bebas namun belum memiliki E -KTP tapi telah melakukan perekaman dan terdata sebelumnya akan diberikan E-KTPnya melalui Disdukcapil namun bagi warga binaan yang E-KTP dinyatakan hilang, rusak atau belum memiliki dapat disegerakan pembuatannya sebelum hari pemilihan,” terang Kaniti.

Di tempat terpisah, Kalapas Kabupaten Sumbawa yang diwakili oleh Kepala Sub.bagian Tata Usaha Hamadiya, S. Sos., mengatakan, selaku ketua KPPS yang ditunjuk langsung oleh Kalapas untuk mengurus DPT/DPTb Warga Binaan dan Tahanan yang ada di Lapas Sumbawa.

“Kami segaja mengundang KPU dan Disdukcapil, agar kami dapat mengklirkan data yang ada di KPU dengan data yang ada di Lapas Sumbawa,” kata Ham.

Sebagaimana diketahui bahwa, jumlah Warga Binaan dan Tahanan yang ada di Lapas Kabupaten Sumbawa per 19 Maret 2019 berjumlah 543 orang, 301 orang adalah Warga Binaan asli Kabupaten Sumbawa dan 242 orang berasal dari luar Kabupaten Sumbawa.

“Data awal DPT 152 orang, sementara yang telah dicetak E-KTPnya sebanyak 105 orang dan 12 E KTP telah dikembalikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil karena enam orang memiliki KTP double dan enam Warga Binaan lainnya telah bebas,” paparnya.

Dia menegaskan bahwa Lapas, Dukcapil dan KPU bersama-sama mengkroscek daftar pemilih Warga Binaan dan Tahanan, apakah ada yang belum perekaman, ada yang sudah bebas tapi masih terdaftar dalam DPT atau ada yang masih belum memiliki E KTP sama sekali, agar semuanya dapat langsung tertangani dengan baik sebelum hari pemilihan nanti (bs/Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here