Home Pemerintahan Sumbawa Terima Bantuan Penguatan Pangan

Sumbawa Terima Bantuan Penguatan Pangan

48
0

Sumbawa Besar- Dalam rangka menjaga pasokan serta ketersediaan pangan di Kabupaten Sumbawa, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Syafruddin Nur, yang ditemui seusai rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa, Selasa (12/03/2019) mengatakan, Sumbawa tahun ini mendapat program dari Pemerintah Pusat ( Dana APBN).

Adapun Program bantuan berupa modal yang dapat disalurkan kepada masyarakat untuk usaha lumbung yang penyalurannya diprioritaskan untuk wilayah Kecamatan Lape dan Kecamatan Lopok.

Sedangkan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat, LPDM, ada beberapa komponen yang nantinya ada bantuan dana dan juga pemberian bantuan pabrik penggilingan padi dan gedung yang nantinya semua itu adalah program untuk menstabilkan pangan di Kabupaten Sumbawa.

“Ada tiga unsur yang harus dipenuhi,
pertama, Ketersediaan pangan, kedua, akses pangan dan ketiga, pemanfaatannya,”ujarnya.

Lebih lanjut Syafrunddin menegaskan, dalam ketersedian pangan agar dapat terjangkau oleh masyarakat dan bagaimana pemanfaatannya oleh masyarakat dan bisa stabil, terjangkau, berimbang, beraneka ragam dan nantinya masyarakat bisa bekerjasama dengan pihak dinas.

Ia juga menambahkan, untuk sasaran Lumbung pangan adalah daerah-daerah basis pertanian dan kelompok-kelompok petani aktif serta selalu eksis, potensinya pangannya besar serta nantinya dapat menyamai atau membantu bulog dalam mengimbangi harga.

Kadis berharap kedepannya agar program-program seperti ini dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan baik, dan pemerintah kedepannya untuk kelompok-kelompok tani yang lainnya agar diberikan bantuan yang serupa. (bs/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here