Home Pendidikan SMK Islam Farmasi Intensifkan Praktikum Pembuatan Produk Herbal

SMK Islam Farmasi Intensifkan Praktikum Pembuatan Produk Herbal

93
0

Sumbawa Besar- Sebagai salah satu Sekolah Kejuruan yg ada di Kabupaten Sumbawa, SMK Islam Farmasi Sumbawa terus berupaya meningkatkan keterampilan peserta didiknya, agar kelak ketika Lulus bisa bersaing didunia kerja dan dunia Industri.

Kepala Sekolah SMK Islam Farmasi yang diwawancara diruang kerjanya, Sabtu (06/04/2019) mengatakan, sebagaimana hajat dari adanya pendidikan Kejuruan, yakni mencetak lulusan siap kerja, SMK Islam Farmasi Sumbawa telah melakukan berbagai hal, diantaranya melakukan berbagai praktikum dalam memproduksi obat-obatan herbal seperti Jamu, Permen, Jeli, dan yang terbaru adalah pembuatan POMADE dan Sabun Kecantikan PAPAYA yg dibuat langsung oleh siswa SMK Islam Farmasi.

Praktikum ini dilaksanakan di Laboratorium Farmasi Terpadu pada tanggal 21 Maret 2019 lalu yang disaksikan langsung oleh Bapak Drs. Sugiyo Utomo dan Drs. Mastari Pengawas sari UPT. Layanan DIKMEN & PK-PLK Sumbawa yang sedang melakukan Monitoring sekaligus para pengawas melakukan dialog langsung dengan siswa praktikum tentang bahan apa yang digunakan, cara pembuatan, sampai dengan khasiatnya, ungkap Kus.

Para pengawas berharap agar fasilitas praktikum terus ditingkatkan dan dilengkapi serta praktikum seperti ini terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing siswa dan sekolah.
“Praktikum seperti ini sangat bagus dan sekolah harus konsisten mendukung minat serta potensi siswa dalam mengembangkan keingintahuannya khususnya yang berkaitan dengan farmasi,” Ungkap Kus selaku pengawas.

Lebih lanjut ia mengatakan, Sekolah sangat mendukung penuh berbagai kegiatan siswa, terutama yang menjurus kepada peningkatan Kompetensi, selama ini sudah banyak kegiatan praktikum yang dilakukan oleh siswa baik praktikum yang diawasi langsung oleh guru maupun praktikum mandiri yang dilakukan oleh siswa itu sendiri seperti pembuatan obat-obatan herbal, jamu, permen, sabun, pomade, dan dalam waktu dekat ini akan ada praktikum pembuatan serum kecantikan yang dibimbing langsung oleh guru Kimia Farmasi.

Perlu diketahui, SMK Islam Farmasi yang mengusung motto atau branding “KOMPETEN BERKARAKTER,” ini adalah ciri khas siswa dan alumni yang memiliki kompetensi dalam bidang Farmasi serta memiliki karakter sesuai dengan hajat pemerintah, tutup Kus. (bs/Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here